Jumat 15 Juli 2022, 08:10 WIB

Peringkat USK Naik Dua Tangga jadi ke 11 Nasional

Amiruddin A.R | Nusantara
Peringkat USK Naik Dua Tangga jadi ke 11 Nasional

MI/Amiruddin A.R
Gedung Rektorat Universitas Syiah Kuala, Aceh

 

LEMBAGA pemeringkatan dunia Scimago Institutions Ranking (SIR) mempublikaskan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, pada Rabu (13/7). Berdasarkan informasi tersebut, Universitas Syiah Kuala (USK) berada di peringkat 11 sebagai perguruan tinggi nasional.

Posisi USK ini naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yaitu peringkat 13 pada tahun 2021. Dalam pemeringkatan ini, sejumlah bidang keilmuan di USK juga berada di posisi yang cukup mengesankan di jajaran perguruan tinggi nasional.

Misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat I, bidang matematika peringkat 1, bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat 5, bidang ketenikan peringkat 7, bidang kedokteran hewan peringkat 6, bidang kedokteran peringkat 8, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan, kepada Media Indonesia, kemarin, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas naiknya posisi USK dalam pemeringkatan ini. Menurut Rektor, prestasi ini setidaknya menjelaskan upaya-upaya USK terkait penguatan institusi ini telah berada di jalur yang benar.

Apalagi sejumlah bidang keilmuan USK mampu mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik Indonesia lainnya, sehingga berada di posisi yang cukup membanggakan.

"Alhamdulillah, pencapaian ini tidak lepas dari komitmen kuat dan kerja keras kita bersama. Hal ini juga bermakna, USK sudah on the track dalam mewujudkan visi dan misinya," ucap Rektor.

Khususnya bidang bahasa, Rektor menilai prestasi ini sangat istimewa karena selama ini riset unggulan USK lebih dominan bidang sains, sementara kajian di bidang humaniora seperti liguistik ini masih tergolong sedikit.

Di sisi lain, prestasi ini setidaknya menjelaskan, kualitas riset USK dalam bidang humaniora seperti bahasa, linguistik maupun sastra telah diakui reputasinya secara global.

"Ilmu linguistik inikan terus berkembang. Sementara kajian bidang ilmu ini masih tergolong sedikit. Karena itulah, prestasi ini menjadi motivasi USK untuk terus memperluas kajian linguistiknya," ucap Rektor. (OL-13)

 

 

Baca Juga

MI/Denny S

Rayakan HUT Kemerdekaan ke 77 RI, Nasdem Bali Tanam 3 Ribu Mangrove

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:25 WIB
KADER dan pengurus Partai Nasdem Bali merayakan HUT Kemerdekaan ke 77 RI dengan menanam 3.000 mangrove secara bersamaan pada lima...
MI/Palce Amalo

Produk Perhutanan Sosial NTT Mampu Bersaing di level Nasional

👤Palce Amalo 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:20 WIB
KUALITAS Produk Perhutanan Sosial dari Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki kualitas terbaik dan dinilai mampu bersaing di tingkat...
Dok Velluto Gelato

Velluto Gelato Luncurkan Kampanye Taste of Happiness

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:58 WIB
Empat tahun sudah Velluto Gelato menyebarkan kebahagiaan lewat rasa khas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya