Rabu 13 Juli 2022, 20:53 WIB

Capaian Vaksinasi Dosis Booster di Kota Yogyakarta 89,37%

Ardi Teristi | Nusantara
Capaian Vaksinasi Dosis Booster di Kota Yogyakarta 89,37%

DOK MI
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan Kota Yogyakarta mencatat hingga Selasa (12/7) realisasi pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster sebanyak 246.901 suntikan atau 89,37 persen. Jumlah itu paling tinggi karena capaian di kabupaten lain di DIY sekitar 30 persen.

"Dosis booster ini kita upayakan percepatan sampai seratus persen. Walaupun sebetulnya kita ini sudah paling tinggi dibandingkan kabupaten lain," kata Emma Rahmi Aryani, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Percepatan vaksinasi booster Covid-19 dilakukan melalui layanan puskesmas dan rumah  sakit di Kota Yogyakarta. Saat ini, masyarakat yang mengakses layanan vaksinasi booster tidak sebanyak di awal sehingga layanan sentra vaksinasi di luar puskesmas dan rumah sakit dinilai tidak dibutuhkan. Misalnya, saat dibuka layanan vaksin booster untuk kuota 200, peserta yang datang hanya berjumlah 60.

"Kita tetap membuka layanan tapi strateginya kita ubah harus mendaftar dulu. Puskesmas maupun rumah sakit akan membuka link untuk mendaftar sehingga bisa dikumpulkan," terangnya.

Pemkot Yogyakarta mencatat, Selasa (12/7) ada 50 kasus aktif positif Covid-19 di Kota Yogyakarta. "Tetap kita upayakan saat menemukan kasus, kita tracing, testing dan treatment. Kami juga sampaikan protokol kesehatan dijalankan," kata dia.

Di sisi lain, pihaknya tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi ke  masyarakat, misalnya dengan mobil promkes untuk mencegah penularan Covid-19. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga akan melakukan skrining atau pemeriksaan tes Covid-19 untuk anak-anak sekolah sebagai antisipasi penularan Covid-19 setelah libur sekolah. Pengetesan secara acak akan dilakukan 2 minggu setelah masuk pembelajaran di sekolah. (OL-15)

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus Molo

Kunjungi Desa Terpencil, Aiptu Yoseph Harus Gotong Motor

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:00 WIB
Akses jalan itu dibuka sejak 2017 namun hingga kini belum diperhatikan. Akses jalan putus akibat diterpa Badai Seroja, pekan lalu, sehingga...
MI/Palce Amalo

Bank Indonesia NTT Lepas Ekspor Perdana Kacang Lurik Organik ke Jerman

👤Palce Amalo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:30 WIB
Ekspor perdana dilepas dari gudang Kantor Cabang PT Profil Mitra Abadi Cabang Kupang di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, yang ditandai...
ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya