Kamis 30 Juni 2022, 14:56 WIB

Suhu Ekstrem, Sebagian Kawasan Dieng Membeku

Lilik Darmawan | Nusantara
Suhu Ekstrem, Sebagian Kawasan Dieng Membeku

MI/Lilik Darmawan
Fenomena embun beku di Kawasan Dieng, Jawa Tengah

 

AKIBAT suhu ekstrem yang terjadi pada Kamis (30/6) pagi, sebagian kawasan di dataran tinggi Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), membeku. Karena suhu di bawah 0 derajat Celcius, maka muncul fenomena embun beku atau biasa juga disebut bun upas.

Salah seorang warga Banjarnegara, Aryadi, mengatakan fenomena embun beku sudah mulai terasa pada malam hari.

"Ternyata benar, pada Kamis (30/6) pagi muncul embun beku. Bun pas terpantau di sejumlah tempat, terutama di kawasan candi yakni di Candi Arjuna, Candi Setyaki dan Lapangan Pandawa," kata Aryadi.

Secara terpisah, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan fenomena embun es terjadi terkait dengan adanya dua pusat tekanan rendah di Laut China Selatan dan Timur Laut Filipina.

"Hal itu berpengaruh pada pengurangan curah hujan di Jawa. Terutama pada dasarian pertama atau 10 hari awal Juli. Sehingga hal ini berdampak pada turunnya suhu," tukasnya.

Baca juga: Embun Beku di Dieng Muncul Saat Musim Penghujan Akibat Anomali

Sementara dalam pernyataan tertulisnya, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan fenomena embun es biasa terjadi setiap tahun.

"Fenomena ini terjadi pada saat suhu menjadi sejuk. Kemudian turun lah embun-embun yang dingin lagi beku. Embun beku disebut upas, karena berdampak pada tanaman. Tanaman bisa mati akibat embun beku," ucap Sutikno.

Beberapa faktor yang mungkin berperan membentuk embun beku yang didahului suhu dingin ekstrem di Dieng antara lain adalah gerak semu matahari, intrusi suhu dingin dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya