Jumat 10 Juni 2022, 12:28 WIB

Boyolali Perpanjang Penutupan Lima Pasar Hewan Selama 10 Hari

Mediaindonesia.com | Nusantara
Boyolali Perpanjang Penutupan Lima Pasar Hewan Selama 10 Hari

MI/Naviandri
Ilustrasi pasar hewan.

 

Pemerintah Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah memperpanjang waktu penutupan aktivitas lima pasar hewan di daerah itu selama 10 hari ke depan untuk mengendalikan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Boyolali Lusia Dyah Suciati di Boyolali, Jumat, mengatakan lima pasar hewan yang diperpanjang waktu penutupan, mulai tanggal 11 hingga 20 Juni 2022.

Penutupan pasar hewan ternak di Boyolali awalnya selama 27 Mei hingga 10 Juni 2022, tetapi untuk pengendalian penyebaran PMK lebih intensif waktunya harus diperpanjang hingga 10 ke depan.

Sebanyak lima pasar hewan itu, yakni Pasar Hewan Jelok di Kecamatan Cepogo, Pasar Hewan di Karanggede, Pasar Hewan Kalioso di Nogosari, Pasar Hewan Simo, dan Pasar Hewan Ampel.

Dia mengatakan pada penutupan tahap pertama aktivitas pasar, tim reaksi cepat (TRC) yang melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Polri lebih fokus dalam penanganan PMK di kandang ternak.

Selain lebih berkonsentrasi pada penanganan PMK pada hewan ternak, pihaknya bersama PMI dan Polri juga fokus penyemprotan pasar serta meningkatkan pengawasan lalu lintas perdagangan sapi di pasar hewan.

"Sehingga hewan ternak yang terjangkit PMK dapat sembuh dengan cepat serta mampu menekan penyebaran PMK. Saya minta kepada seluruh pedagang dan peternak harus bersama-sama mendukung dalam menangani PMK ini," katanya.

Sebagai langkah penanggulangan PMK, Disnakan Boyolali membuka posko pengaduan pada nomor 0812-2832-0007. Posko ini diharapkan mampu memberikan pengamanan dengan cepat laporan masyarakat terkait dengan PMK pada hewan ternak.

Disnakan Kabupaten Boyolali sebelumnya melakukan pelacakan terhadap 4.473 ekor hewan ternak untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah PMK di wilayah itu. Berdasarkan pelacakan terhadap 4.473 ekor hewan ternak itu, ada 360 ekor suspek dan 21 ekor positif terpapar PMK.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK MI.

Polda Jateng: Kerangka Manusia di Tepi Sungai Berkelamin Laki-Laki

👤Mediaindonesia.co 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:02 WIB
Kepolisian mengidentifikasi temuan kerangka manusia di tepi Sungai Depok di Desa Pasigatan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Sultan HB X dan Paku Alam X Kembali Ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub DIY

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:50 WIB
Sebelum penetapan Gubernur dan Wagub DIY Periode 2022-2027, DPRD DIY telah melalui seluruh...
DOK.MI

Sadis, Paman Tikam Keponakan yang Sedang Belajar di Sekolah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:40 WIB
Kapolsek Sunggal Komisaris Yudha mengatakan bahwa pelaku pembunuhan tersebut tak lain merupakan paman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya