Senin 16 Mei 2022, 17:16 WIB

10 Sapi Terinfeksi PMK Ditemukan di Lubuk Linggau

Dwi Apriani | Nusantara
10 Sapi Terinfeksi PMK Ditemukan di Lubuk Linggau

Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.
Peternak memberikan madu propolis pada hewan ternaknya di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (16/5/2022).

 

SEBANYAK 10 sapi di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan, diduga terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mengaku belum mengetahui asal penyakit tersebut.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatra Selatan Ruzuan Effendi mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan soal potensi tersebut. "Ini baru indikasi. Kesepuluh sapi masih diperiksa terpapar di peternakan atau karena sapi yang masuk dari daerah lain," ungkap dia, Senin (16/5/2022).

Ruzuan menjelaskan, penyakit hewan PMK menyebar di wilayah Jawa Timur dan Aceh. Pihaknya mencatat sapi di Sumsel mencapai 300 ribu ekor dari berbagai jenis. Beberapa upaya antisipasi akan dilakukan DKPP, termasuk memberi vaksin atau pengobatan terhadap sapi yang terinfeksi.

"Kami mengupayakan penyakit PMK tidak menyebar lagi ke sapi lain. Penyakit ini juga tidak menular ke manusia," ujar dia.

Ruzuan menambahkan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan monitoring ke lokasi peternakan yang melapor jika sapinya terpapar PMK. Tim yang bertugas itu akan datang memeriksa sampel terhadap sapi yang terindikasi terkena penyakit.

Baca juga: Remaja Cimahi Dianiaya hingga Babak Belur, Polisi Buru Pelaku

"Sampel pemeriksaan 10 sapi telah dikirimkan ke laboratorium. Hasilnya belum keluar. Dalam waktu dekat mudah-mudahan tak sampai seminggu sudah ada hasilnya," ujar dia.

Upaya lain, DKPP akan memperketat sirkulasi atau proses pengiriman hewan. Setiap daerah akan diimbau untuk mengantisipasi penyebaran virus pada hewan. "Dampaknya bisa mengurangi pembelian daging dari pedagang dan merugikan peternak," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Benny B

Pemkot Sukabumi Komitmen Penuhi Indikator Kota Layak Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:06 WIB
"Kami berharap verifikasi dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan terdiri dari 24 indikator dan 5 kluster bisa berjalan dengan...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya