Kamis 12 Mei 2022, 16:55 WIB

Puluhan Calon Haji dari Pamekasan Menunda Keberangkatannya

Mohammad Ghazi | Nusantara
Puluhan Calon Haji dari Pamekasan Menunda Keberangkatannya

MI/Heri Susetyo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas jamaah umrah di Terminal 2 Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo, Selasa (15/3)

 

PULUHAN jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menyatakan mengundurkan diri dari jadwal keberangkatannya ke tanah suci pada tahun ini.

Berdasar data di Seksi Haji Kantor Kementerian Agama Pamekasan, dari 443 JCH, yang menyatakan mengundurkan diri sebanyak 29 orang jamaah, dan menunda pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Kepala Kemenag Pamekasan, Mawardi, menjelaskan alasan pengunduran diri itu, selain karena faktor kesehatan, juga karena tidak bisa bersama mahram. "Untuk sementara yang sudah memastikan diri ada 414 jamaah, sisanya mengundurkan diri karena faktor kesehatan dan tidak ada mahram," kata Mawardi, Kamis (12/5).

Posisi jamaah yang mengundurkan diri, jelas dia, belum tentu bisa digantikan jamaah asal Pamekasan dengan nomor porsi di bawahnya. Sebab, Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) menggunakan porsi provinsi, bukan kabupaten.

Sehingga bisa dimungkinkan posisi jamaah yang mengundurkan diri digantikan jamaah dari kabupaten lain. Porsi yang akan menggantikan posisi jamaah yang mundur tersebut, akan diketahui pada 20 Juni mendatang.

"Bisa jadi ada dari kabupaten lain di Jawa Timur yang nomor urut porsinya naik karena ada dari Pamekasan yang mundur. Atau sebaliknya, dari kabupaten lain ada yang mundur dan nomor porsi Pamekasan muncul di urutan setelahnya. Semua akan diketahui pada 20 Juni yang akan datang," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Kemenag Finalisasi Data Jemaah Haji Reguler Berhak Berangkat ...

Baca Juga

ANTARA

Pemkot Bandung Antisipasi Masuknya Munculnya Kasus PMK Hewan Ternak

👤Naviandri 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:56 WIB
Pemkot Bandung akan melakukan vaksinasi pada hewan ternak terutama sapi, kambing, dan domba sebagai langkah mencegah penyebaran penyakit...
Dok. Kemenparekraf

Motor Listrik di Kawasan Candi Borobudur Mudahkan Wisatawan Berkeliling Destinasi Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:39 WIB
"Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga yang terjangkau bagi para wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon," kata...
DOK MI

Cegah PMK, Kabupaten Cianjur Perketat Pengawasan Angkutan Hewan Ternak

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 17 Mei 2022, 17:34 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, memperketat pengiriman pasokan hewan ternak dari luar daerah, terutama dari wilayah penularan penyakit mulut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya