Selasa 10 Mei 2022, 16:06 WIB

Tradisi Kirab Manten Tebu Awali Musim Giling PG Rendeng Kudus

Jamaah | Nusantara
Tradisi Kirab Manten Tebu Awali Musim Giling PG Rendeng Kudus

MI/Jamaah
Tradisi kirab Manten Tebu di Kudus

 

SAMBUT musim giling tebu 2022, Pabrik Gula (PG) Rendeng memiliki tradisi menarik yang sudah berlangsung sejak dulu yakni kirab manten tebu atau pengantin tebu. Tradisi tersebut merupakan syarat wajib agar proses musim giling tahun 2022 dapat berlangsung lancar.

Pantauan Media Indonesia di PG Rendeng, Selasa (10/5), sejak pagi sejumlah peserta kirab sudah berjajar membawa tebu-tebu pilihan untuk kemudian melaksanakan kirab. Pada tradisi kirab terdapat dua tebu ditaruh paling depan yang dihiasi boneka lengkap seperti halnya pengantin pria dan wanita.

Puluhan tebu yang dikirab tersebut menuju halaman PG Rendeng, kemudian secara simbolis diserahkan kepada manajemen pabrik untuk dimasukan dalam mesin pengilingan.

Panitia tradisi kirab manten tebu, Wiyono, mengatakan, tradisi kirab manten tebu tersebut sudah berlangsung sejak zaman dulu. Prosesi tersebut wajib dilakukan sebagai bentuk harapan PG. Rendeng dapat melangsungkan penggilingan tebu dengan maksimal dan lancar.

"Setiap tahun kita mengadakan kirab manten tebu, disamping kebudayaan, hal tersebut juga bentuk selamatan giling agar dilancarkan musim giling tahun ini," kata Wiyoto kepada wartawan, Selasa (10/5).

Sementara pengantin tebu mempelai pria yang diberi nama Bagus Setyo Raharjo dan tebu mempelai wanita Roro Gendis Ayu tersebut merupakan salah satu contoh tebu pilihan terbaik dari perkebunan. Agar nantinya dalam proses penggilingan, PG Rendeng mendapatkan tebu dengan kualitas baik demi mendapatkan hasil gula yang maksimal.

"Untuk tebu pengantin pria itu dari kebun Gribig dan pengantin perempuan atas nama Roro Gendis Ayu itu diambil dari kebun di Tanjungrejo," tutur Wiyono.

Baca juga: Gandeng Inspektorat Kementan Dukung Revitalisasi Tebu di Jatim

Wiyono menjelaskan, jika tradisi manten tebu tersebut rutin digelar sebagai bentuk rasa syukur dan harapan musim giling tahun 2022 ini berjalan lancar. Selain manten tebu, juga dilakukan arak-arakan budaya barongan mengelilingi PG. Rendeng.

"Kalau itu sebagai maksud agar pekerja tetap dilindungi dalam keselamatan saat musim giling nantinya. Terus pada malam harinya juga akan digelar budaya pagelaran wayang kulit semalam suntuk," tukasnya.

Rencananya, PG Rendeng mulai menerima tebu pada Kamis (12/5) dan mulai melakukan giling perdana yang direncanakan pada Minggu (15/5). PG. Rendeng menargetkan musim giling tahun ini selama tiga bulan, namun tidak memungkiri akan siap menambah waktu jika masih ada tebu masuk untuk digiling.

"Sasaran musim giling tebu pada tahun ini ditargetkan 2070 ribu ton tebu," imbuhnya.

Tradisi kirab manten itu selalu menjadi perhatian masyarakat sekitar PG. Rendeng, Giyanti salah satu warga Desa Tumpangkrasak mengaku, setiap tahun menunggu prosesi manten tebu itu. Pasalnya, kirabnya cukup menarik, karena yang dikirab itu tebu ramai-ramai menuju PG. Rendeng.

"Pasti setiap tahun saya menanti ini mas. Ya senang aja sama cara menyambutnya musim giling. Tradisi ini sudah sejak aku kecil ya begini," ujar Giyanti.

Pasalnya, Giyanti juga meraup berkah tersendiri dari jualan warung makan yang ia buka tak jauh dari PG. Rendeng. Warga berharap, musim giling tahun ini dapat lancar dan menghasilkan secara maksimal.

"Kebetulan saya jualan. Ya semoga lancar musim gilingnya," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Babel Larang Masuk Sapi Potong Asal Jatim Dan Aceh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:40 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) untuk sementara melarang masuknya sapi potong asal Aceh dan Jawa Timur...
MI/Pius Erlangga.

Bos PT Rukun Raharja Disebut di Sidang Korupsi, Kejagung Lakukan Pendalaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:32 WIB
Salah satu terdakwa perkara dugaan korupsi jual beli gas PDPDE Sumsel menyatakan adanya kejanggalan serta terkesan tebang pilih...
MI/AHMAD SAFUAN

Anggota DPRD Diduga Terima Anggaran Ganda

👤Haryanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:20 WIB
Anggaran dobel itu diduga diterima dalam bentuk dana reses dan dana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya