Rabu 27 April 2022, 17:00 WIB

Ganjar Imbau Masyarakat Tidak Takbir Keliling dan Lepas Balon ke Udara

Haryanto | Nusantara
Ganjar Imbau Masyarakat Tidak Takbir Keliling dan Lepas Balon ke Udara

dok.Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rapat Forkopimda Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (27/4).

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengimbau warga tidak melakukan kegiatan takbir keliling pada saat malam takbiran. Ganjar menyebut, lebih baik takbiran di masjid atau musala.

Hal itu diungkapkan Ganjar usai mendapat masukan dari Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam Rapat Forkopimda Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (27/4).

"Ada masukan bagus dari Kemenag dan MUI. Yang akan merayakan pergantian malam Ramadan ke lebaran, saya minta tidak ada takbir keliling. Semua takbirannya di musala, masjid dan rumah masing-masing," ujar Ganjar.

Sebagai langkah pengamanan dan menjaga ketertiban, sejumlah personel kepolisian dibantu TNI hingga Linmas juga sudah disiapkan pada saat malam takbiran.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Jawa Tengah itu juga menyarankan pelaksanaan Syawalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah diadakan tanpa kegiatan melepas balon udara.

Ganjar menyebut, tradisi Syawalan yang melepaskan balon udara bisa membahayakan. Namun, Ganjar tetap memperbolehkan kalau balon udaranya diikatkan pada suatu tempat dan tidak dilepaskan begitu saja.

"Jadi kita juga sudah bicara tradisi itu dan semua melarang, terus saya bilang jangan dilarang. Tapi diikat, pastikan itu aman," ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan, lebih baik tradisi itu diaplikasikan ke dalam suatu perlombaan secara resmi. Sehingga pelaksanaannya akan lebih terjamin aman.

"Maka itu jangan dilakukan karena membahayakan. Silahkan dibuat saja lomba dan festival, tapi diikat sehingga ketinggiannya akan teratur," tutur Ganjar.(OL-13)

Baca Juga: Warga Klaten di Jakarta Difasilitasi Bus Mudik Gratis

Baca Juga

Antara

Khofifah Ibadah Haji, Emil Dardak Jabat Plt Gubernur Jatim 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:08 WIB
Selama dirinya menjalani ibadah haji, Khofifah juga meminta seluruh aparat di Pemprov Jawa Timur memastikan pelayanan masyarakat berjalan...
Antara

Menparekraf Ikut Tradisi Potong Rambut Gimbal di Dieng

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:33 WIB
Cukur rambut gimbal disebut sebagai warisan budaya tak benda Wonosobo yang sudah ditetapkan pada 2016. Adapun cukur rambut gimbal memiliki...
Antara

Terpantau 75 Kali Gempa Guguran di Gunung Merapi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:01 WIB
Selain gempa guguran, pada periode pengamatan Sabtu (2/7), juga tercatat satu kali gempa tektonik. Dari pengamatan visual, tampak asap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya