Minggu 27 Maret 2022, 16:25 WIB

Gandeng Gereja, BINDA DIY Gencarkan Vaksinasi Jelang Ramadan

Agus Utantoro | Nusantara
Gandeng Gereja, BINDA DIY Gencarkan Vaksinasi Jelang Ramadan

dok.ist
BIN Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggandeng gereja untuk menyelenggarakan vaksinasi untuk masyarakat, Sabtu (26/3/2022).

 

BADAN Intelejen Negara Daerah (BINDA) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggandeng gereja untuk menyelenggarakan vaksinasi untuk masyarakat. Kali ini, Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul Somohitan, Girikerto, Turi dan Gereja St. Lidwina Bedog, Jambon, Trihanggo, Gamping, keduanya di Kabupaten Gamping, Sleman menyelenggarakan vaksinasi massal.

Vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum di sekitar Sleman, dan vaksin yang disediakan termasuk untuk dosis ketiga atau booster yang harus dipercepat jelang Ramadan 1443 H/2022.

Kaposda Vaksinasi Binda DIY, Rudi Kurniawan mengatakan, dosis booster diperlukan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. Dimana tahun ini, pemerintah kembali mengizinkan mudik lebaran. Namun dipersyaratkan mereka yang mudik harus sudah menerima vaksin booster.

Vaksinasi ini, kata Rudi Kurniawan, merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah terkait dengan persyaratan perjalanan mudik lebaran. "Yaitu dengan melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi booster. Dan kali ini, kita mengajak pihak gereja untuk membantu penyelenggaraan, sebagai wujud toleransi beragama di Sleman," kata Rudi, Minggu (27/3).

Selain sebagai persyaratan perjalanan mudik, lanjut Rudi, vaksinasi juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas kekebalan komunal masyarakat.

Diketahui, masyarakat akan mengisi bulan Ramadan dengan tarawih berjamaah, lalu silaturahmi saat lebaran. Ini berarti akan terjadi peningkatan mobilitas dan interaksi sosial. Peningkatan imunitas masyarakat sangat penting untuk memastikan tidak ada lonjakan kasus pasca lebaran nanti.

Di sisi lain, katanya, vaksinasi massal ini juga menjadi upaya untuk menyelesaikan target pencapaian vaksinasi booster. Sebelum lebaran, katanya, diharapkan 50 persen dari target sudah tercapai. Hal ini tambahnya, agar masyarakat dapat beribadah dan bersilaturahmi serta berpergian dengan aman dan tenang.

Rudi memastikan, kegiatan vaksinasi juga akan berlanjut di bulan Ramadan, mengingat MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

"Kami akan terus menggelar vaksinasi, terutama untuk meningkatkan capaian dosis booster, termasuk di bulan Ramadan. Kami berharap MUI, tokoh agama, membantu agar umat memanfaatkan kesempatan vaksinasi yang kami gelar," ujar Rudi.

Di tempat terpisah, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memastikan, vaksin tersedia cukup untuk menyelesaikan target di Kota Yogyakarta.

Tak hanya jumlahnya, katanya, variasi juga tersedia lengkap dan belum mendekati masa kadaluarsa. "Di Kota Yogyakarta, vaksinasi booster untuk kalangan sumber daya manusia bidang kesehatan sudah mencapai 115 persen, masyarakat umum 47 persen, lanjut usia 58 persen dan petugas pelayanan publik Kota Yogyakarta 28,9 persen," kata Heroe Poerwadi. (OL-13)

Baca Juga: Gara-gara KIPI Warga Pegunungan Meratus Kalsel Tolak Vaksinasi

Baca Juga

Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...
ANTARA

KPPU Terus Selidiki Dugaan Kartel Harga Tiket Feri Batam-Singapura

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 26 September 2022, 21:51 WIB
KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan segera memeriksa para operator kapal feri rute Batam-Singapura terkait dugaan kartel harga...
DOK MI

Puluhan Sapi Di Morowali Terindikasi Terpapar PMK

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 21:40 WIB
PEMERINTAH Morowali, Sulawesi Tengah, mengindikasi 30 ekor sapi di kabupaten itu terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya