Kamis 24 Maret 2022, 16:40 WIB

Puting Beliung Berpotensi Landa Wilayah Ogan Komering Ilir

Dwi Apriani | Nusantara
Puting Beliung Berpotensi Landa Wilayah Ogan Komering Ilir

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel telah memetakan di Kawasan Pesisir Timur sebagai wilayah yang rawan diterpa bencana angin puting beliung. Karena itu, di kawasan itu menjadi perhatian khusus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI.

"Di Kabupaten OKI rata-rata rawan terjadi angin puting beliung yakni di Pesisir Timur meliputi Kecamatan Pampangan, Tulung Selapan, Pangkalan Lampam, Sungai Menang dan Cengal," kata Kepala BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin, Kamis (24/3).

Diterangkan, wilayah Pesisir Timur OKI, sangat rawan angin puting beliung. Apabila terjadi bisa memporak porandakan bangunan rumah penduduk. Pasalnya, wilayah tersebut bentangan rawa yang luas dan termasuk dataran rendah.

"Dengan geografis rawa yang luas dan dataran rendah, membuat lima kecamatan itu berpotensi dan lebih dominan terjadi angin puting beliung," tutur Listiadi seraya berharap pemerintah setempat yang lebih intens dalam mitigasi termasuk pemukiman masyarakat kewaspadaan lebih ditingkatkan karena adanya nyawa.

Sementara itu, Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan potensi bencana angin puting beliung bisa terjadi di seluruh wilayah di Sumsel. Apalagi diketahui geografis Sumsel sangat beragam.

"Sepanjang tahun ini, bencana angin puting beliung dan angin kencang sudah terjadi di wilayah Sumsel. Tidak hanya terjadi di OKI, bencana serupa juga sudah terjadi di Ogan Ilir, OKU, Banyuasin, OKU Timur dan sebagainya. Ini terjadi karena cuaca ekstrem masih melanda Sumsel," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat di Sumsel agar mewaspadai potensi bencana tersebut. "Kami berharap agar semua masyarakat yang tinggal di Sumsel, utamanya di kawasan terbuka agar berhati-hati karena potensi cuaca buruk masih terus terjadi di Sumsel," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya