Kamis 10 Maret 2022, 15:18 WIB

Cuaca Pengaruhi Melonjaknya Harga Cabai

Lina Herlina | Nusantara
Cuaca Pengaruhi Melonjaknya Harga Cabai

ANTARA FOTO/Ahmad Subaid
Pedagang membungkus cabai rawit yang dijualnya di Pasar Kebon Roek, Ampenan, Mataram, NTB.

 

Sepekan terakhir harga cabai rawit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan melonjak drastis. Di Pasar Sentral dan Pasar Pa'baeng-baeng Makassar cabai rawit dijual dengan harga antara Rp60 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Arlin Ariesta, kenaikan harga cabai yang siginifikan itu dipengaruhi faktor cuaca. Dia menjelaskan, jika dua bulan terakhir, sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan memang mengalami cuaca cukup ekstrem.

"Cuaca ekstrem itu berimbas pada menurunnya produksi petani, termasuk produksi cabai," kata Arlin, Kamis (10/3), yang mengaku khawatir, jika kenaikan harga cabai di Makassar akan terus terjadi hingga April mendatang yang memasuki bulan Ramadan.

Sehingga pihak Dinas Perdagangan seru Arlin, akan terus memantau perkembangan harga cabai dan harga kebutuhan pokok lainnya, dan berupaya menstabilkan harga cabai maupun komoditas lain jelang Ramadan.

"Kalau perlu kita gelar operasi pasar, yang tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapat komoditas, pemerataan distribusi, dan menekan harga di pasar. Bulan Ramadan dilakukan pasar murah Ramadan," seru Arlin.

Sementara itu, pedagang di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, Ira, 41, menjelaskan, jika kenaikan harga cabai rawit juga disebabkan karena faktor pengiriman yang tidak lancar.

Akibatnya, stok cabai makin menipis, ditambah permintaan meningkat, harga pun jadi melabung. "Kalau informasi dari distributor, mereka bilang stok dari petaninya yang kurang karena musim hujan," pungkas Ira (LN)

Baca Juga

Antara

Kalbe Farma Rangkul Petani Baduy Tanam Jahe Merah

👤Sumantri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:50 WIB
Jahe Merah merupakan obat herbal yang mampu menangkal berbagai...
MI/Ardi Teristi H

Pengelola Desa Wisata di Kulonprogo Dibekali Kemampuan Pemasaran Digital

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:04 WIB
"Pengembangan konten virtual desa wisata perlu menjadi prioritas inisiatif karena mampu menciptakan efek pemerataan ekonomi sesuai...
ANTARA

77 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:57 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Muslim mengatakan bahwa tema peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya