Senin 07 Maret 2022, 09:22 WIB

Kinerja Pemkab Kendal Lemah Imbas 11 Jabatan Penting Kosong

Akhmad Safuan | Nusantara
Kinerja Pemkab Kendal Lemah Imbas 11 Jabatan Penting Kosong

dok.wikipiedia
Logo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

 

SEBANYAK 11 jabatan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal masih diisi oleh pelaksana tugas dan pejabat sementara. Hal ini mempengaruhi kinerja daerah setempat sehingga berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan msyarakat.

Pemantauan Media Indonesia Senin (7/3) hingga pekan kedua Maret ini, memang Pemkab Kendal berjalan seperti biasanya, namun beberapa kebijakan penting di 11 dinas belum bisa berjalan optimal. Sebab pejabat utamanya masih diemban pelaksana tugas yang memiliki keterbatasan kewenangan.

Posisi jabatan kosong yang sementara ini dijabat oleh pelaksana tugas (plt) dan penjabat sementara (pjs) yakni Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Dinas Perhubungan serta Dinas Pertanian.

Selain beberapa dinas lain yang belum ada pejabat definitifnya, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal juga masih diisi oleh pejabat yang merangkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal Sugiono.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengakui, dengan kosongnya pejabat utama di 11 dinas tersebut membuat program kerja tidak berjalan optimal. Dico menargetkan hingga akhir Marer posisi tersebut sudah terisi pejabat definitifnya.

"Saat ini masih proses. Kita targetkan akhir Maret terisi semua," ujar Bupati Kendal Dico.

Proses pengisian kursi pimpinan yang kosong tersebut, lanjut Dico M Ganinduto, sedang berlangsung oleh panitia seleksi. Permintaan tersebut telah dilakukan sejak bulan Januari lalu namun karena beberapa prosedur harus dijalankan tidak dapat berjalan cepat hingga saat ini.

"Kekosongan (kepala dinas) ini banyak waktu yang terbuang, karena program pembangunan tidak dapat dijalankan secara optimal," ujar Dico M Ganinduto.

Sebagai langkah percepatan pelaksanaan program, ujar Dico M Ganinduto, maka diminta Pj Sekda Kendal yang baru saja dilantik untuk merangkul semua dinas untuk menyelesaikan semua program yang tertunda sembari menunggu adanya pejabat devinitif. (OL-13)

Baca Juga: Damkar Depok Evakuasi Biawak Jumbo dari Sumur Warga di Duren Mekar

Baca Juga

MI/MARCEL KELEN

Belum Ada Temuan PMK di Papua, Pemerintah Daerah Larang Ternak dari Luar pada Idul Adha

👤Marcel Kelen 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:25 WIB
Dinas Pertanian dan Pangan Papua berharap penyakit PMK tidak terjadi di...
MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya