Kamis 24 Februari 2022, 21:00 WIB

Wakil Wali Kota Tegal tidak Terima Bansos

Supardji Rasban | Nusantara
Wakil Wali Kota Tegal tidak Terima Bansos

MI/Supardji Rasban
Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi

 

KASUS nama Wakil Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Muhamad Jumadi, yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mendapat respon Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal. Hasil koordinasi dan klarifikasi bantuan sosial (bansos) terkait masuknya nama Muhamad Jumadi dalam DTKS 2020 tersebut memperoleh titik terang. Muhamad Jumadi sama sekali tidak menerima bansos sehingga tidak ada kerugian negara yang ditimbulkan.

"Terkait dengan pemberitaan beberapa media yang menyatakan bahwa persoalan ini merupakan kesalahan sistem dari pusat, itu tidak benar. Bapak Muhamad Jumadi sama sekali tidak menerima bansos sehingga tidak ada kerugian negara. Kemudian kami menindaklanjuti dengan segera mengunggah surat pengesahan Wali Kota Tegal atas verifikasi ketidaklayakan bansos tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Kota Tegal Bajari, Kamis (24/2).

Baca juga: Nama Wakil Wali Kota Tegal Masuk Daftar Penerima Bansos

Bajari menyebut dalam koordinasi dan klarifikasi di Pusat Data Informasi Kementerian Sosial RI, dilakukan penelusuran data yang menemukan data atas nama Muhamad Jumadi sudah ada di DTKS 2020 dengan kode wilayah luar Kota Tegal. Kemudian pada saat Kota Tegal melakukan verifikasi kelayakan dan pengesahan pada 2 April 2021 dan 18 Mei 2021, data tersebut belum masuk DTKS Kota Tegal.

"Pada saat Kementerian Sosial melakukan pemadanan NIK dengan data kependudukan maka data Muhamad Jumadi disesuaikan alamatnya sehingga masuk dalam DTKS Kota Tegal pada Juni 2021," terangnya.

Selanjutnya pada saat penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2021, Kota Tegal melakukan koreksi atas data anomali dan melakukan verifikasi kelayakan dengan meminta pihak kelurahan untuk mencermati status penerima bansos.

"Telah dinyatakan bahwa Muhamad Jumadi tidak layak menerima bansos," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Lomba Balap Karung di Tasikmalaya Telan Korban Jiwa

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:10 WIB
PERLOMBAAN balap karung di Kampung Gunung Bubut, Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jabar menelan satu korban...
dok.ist

Milenial Garut Rayakan HUT Ke-77 RI Gemakan Inspirasi Ganjar

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:52 WIB
SEBANYAK 52 tenda UMKM turut meramaikan Konser Milenial Memperingati HUT ke-77 RI yang diadakan di Wisata Kuliner Kerkof, Jalan Merdeka,...
MI/Gabriel Langga

Hore! Proyek Tol Listrik di Pulau Flores Sudah Terinterkoneksi

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:50 WIB
PERUSAHAN Listrik Nasional (PLN) akhirnya menyelesaikan proyek tol listrik di wilayah Pulau Flores,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya