Rabu 09 Februari 2022, 15:35 WIB

Minyak Goreng Langka di Palangka Raya

Surya Sriyanti | Nusantara
Minyak Goreng Langka di Palangka Raya

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Ilustrasi.

 

HINGGA saat ini minyak goreng menghilang dari pasaran seperti di pasar tradisional atau supermarket di Palangka Raya, Kalteng. Kalaupun ada, yang dijual adalah minyak goreng dengan kualitas bagus yang harganya mahal.

Hasil penelusuran di sejumlah pasar tradisional dan supermarket serta sejumlah warung sembako di Palangka Raya, Rabu (9/2), minyak goreng yang biasanya dijual Rp14 ribu- Rp20 ribu per liter saat ini sudah kosong. Kalaupun ada yang dijual adalah minyak goreng yang selama ini memang harganya sudah tinggi yakni antara Rp38 ribu - Rp40 ribu per liter.

''Saya sudah seminggu pesan minyak goreng kepada distributor tapi hingga saat ini barang tidak juga di antar dengan alasan masih kosong,'' kata Firman pedagang sembako di Jalan Tingang  Palangka Raya, Rabu (9/2).

Hal yang sama juga dikatakan Abu, seorang pedagang sembako di Jalan Rajawali. Abu yang mengatakan dirinya juga sudah seminggu pesan minyak goreng tapi kata distributor masih kosong.

''Kalau mau itu ada saya jual minyak goreng tapi memang minyak goreng ini  sebelum ada penurunan harga dari pemerintah itu sudah mahal,'' tuturnya.

Terpisah,  menurut Deputi Kantor Perwakilan BI Kalteng Yudo Herlambang mengatakan, pada Januari 2022 minyak goreng merupakan salah satu penyumbang inflasi di Kalteng.  Diakuinya minyak goreng penyumbang inflasi Kalteng karena selain harganya mahal, juga langka.  Saat ini  BI bersama-sama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng  terus mencari solusinya pemecahannya.

''Apakah nantinya kita akan menggandeng produsen minyak goreng agar mengeluarkan dana CSR-nya untuk pasar murah minyak goreng atau lainnya. Masih kita rumuskan,'' kata Yudo saat dihubungi,  Rabu (9/2).

Dikatakannya,  Kamis (10/2) mereka  akan melakukan pemantauan ketersediaan minyak goreng di pasaran. (SS/OL-10)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya