Senin 31 Januari 2022, 15:08 WIB

Tolak Pasar Liar, Ribuan Pedagang di Sikka Turun aksi ke Jalan

Gabriel Langga | Nusantara
Tolak Pasar Liar, Ribuan Pedagang di Sikka Turun aksi ke Jalan

MI/Gabriel Langga
Pedagang pasar resmi di Kabupaten Sikka berunjukrasa menolak maraknya pasar liar di sana, Senin (31/1)

 

SERIBUAN pedagang yang berjualan di pasar resmi turun aksi ke jalan menolak pasar liar yang beroperasi di sejumlah titik yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Bentuk penolakan mereka dengan melakukan aksi selama dua hari yakni Sabtu danan Senin (31/1)

Dari pantauan mediaIndonesia.com, ribuan pedagang yang melakukan aksi turun ke jalan ini berasal dari pedagang Pasar Alok, Pasar Wairkoja dan pasar Tingkat Maumere. Mereka tergabung dalam forum Komunikasi Pengguna Pasar. Mereka pun menduduki Kantor DPRD Sikka

Mereka menuntut dan mendesak kepada Pemerintah agar menertibkan pasar liar yang ada di sejumlah titik dalam kota. Hal ini dikarenakan keberadaan pasar liar ini  mengganggu dan mempengaruhi pendapatan mereka.

Salah satu pedagang, Gabriel Manek Pedo mengaku, sejumlah pedagang yang berjualan di pasar resmi mengalami penurunan pendapatan. Hal ini dikarenakan ulah pedagang bayangan yang masih berjualan di tempat ilegal. Disisi lain, ia  harus membayar retribusi setiap hari kepada petugas.

Untuk itu, dirinya berharap kepada pemerintah agar segera menertibkan para pedagang liar yang masih berjualan di pinggir jalan agar kembali berjualan di pasar-pasar resmi yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Pedagang Pasar Kabupaten Sikka, Marianus Krisensius dalam orasinya meminta agar Pemkab Sikka menutup aktivitas jual beli di pasar TPI, pasar Wuring dan pasar eks Geliting. Hal ini dikarenakan keberadaan pasar-pasar liar membuat pendapatan mereka menurun.

Hingga berita ini diturunkan, aksi para pedagang pasar masih terus berlanjut sambil menunggu Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo. Sementara itu, para pedagang lainnya melakukan aksi protes di gedung DPRD Sikka dengan tarian Hegong yang dilakukan oleh mama-mama. (OL-13)

Baca Juga: Forum G20 Momentum Indonesia Miliki Posisi Strategis Bidang Ketenagakerjaan

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Jhonlin Group Berangkatkan Umrah 870 Warga Tanah Bumbu

👤Denny Susanto 🕔Kamis 29 September 2022, 15:08 WIB
Jhonlin Group memberangkatkan sebanyak 870 orang warga Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan untuk menunaikan ibadah...
Dok. Pribadi

Bobotoh Minta Kejelasan Soal Distribusi Tiket Laga Persib vs Persija

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 14:50 WIB
Menurut Ricky solusi terbaik adalah antara manajemen dan bobotoh duduk bersama untuk membicarakan pendistribusian...
Dok MI

Bali Bakal Prioritaskan Kendaraan Listrik di Kawasan Wisata

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 14:30 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan pihaknya akan memprioritaskan penggunaan kendaraan listrik di kawasan pariwisata mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya