Senin 24 Januari 2022, 14:03 WIB

Bupati Yakobus Dumupa Lantik Sekda Dogiyai Petrus Agapa

Mediaindonesia.com | Nusantara
Bupati Yakobus Dumupa Lantik Sekda Dogiyai Petrus Agapa

DOK Istimewa.
Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa menandatangani berita acara pelantikan Petrus Agapa sebagai Sekretaris Daerah Dogiyai, Senin (24/1).

 

BUPATI Dogiyai Yakobus Dumupa, SIP, MIP mengingatkan agar berbagai program dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai, Provinsi Papua, direncanakan secara cepat, tepat, dan matang berpijak regulasi tanpa memakai nafsu. Perencanaan yang cepat, tepat, dan matang, serta gerak cepat dan penuh kehati-hatian bersama masyarakat membantu mewujudkan visi-misi daerah.

"Saya berpesan kepada Sekda baru, Pak Petrus Agapa, segera bergerak cepat bersama pimpinan organisasi perangkat daerah dan jajaran birokrasi memajukan Dogiyai dalam merencanakan berbagai program di masing-masing OPD. Saya minta agar tidak memakai nafsu sehingga program-program itu bermanfaat dalam rangka mewujudkan visi-misi Dogiyai Bahagia," ujar Bupati Yakobus Dumupa saat melantik Drs Petrus Agapa M.Si sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Dogiyai di aula Gereja Kemah Injil (Kingmi) Klasis Kamuu Digikotu, Mowanemani, Dogiyai, Papua, Senin (24/1). Demikian keterangan tertulis yang diterima dari Mowanemani, kota Kabupaten Dogiyai, Papua, Senin (24/1).

Menurut Dumupa, Petrus Agapa ialah pejabat dan birokrat senior di lingkup Pemkab Dogiyai. Agapa juga dikenal birokrat yang memahami kerja birokrasi dengan baik serta kerja-kerja pelayanan pemerintahan dan pembangunan bagi masyarakat dan daerah. Karena itu, Bupati Dumupa mengharapkan Sekda yang baru selalu berada di kantor agar menunaikan tugas-tugas formal bersama pimpinan OPD maupun ASN melayani masyarakat. 

"Jabatan sekretaris daerah ini sangat strategis. Ia kepala biokrasi. Karena itu, saya meminta Sekda baru menjadi teladan bari para birokrat maupun ASN. Sekda hanya boleh meninggalkan kantor di saat libur atau melaksanakan kegiatan-kegiatan dinas, termasuk urusan-urusan mendesak seizin Bupati," lanjut Dumupa.  

"Sekretaris daerah ialah kepala birokrasi sehingga tentu diharapkan menjadi teladan untuk pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara di Dogiyai sehingga mereka selalu disiplin dalam menunaikan tugas-tugas formal melayani masyarakat dan tugas-tugas pelayanan pembangunan lain," lanjut Dumupa yang juga mantan anggota Majelis Rakyat Papua.

Selain itu, Dumupa mengharapkan Sekda baru melaksanakan tugas dan kewajiban membina para pegawai dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu, diharapkan Sekda menegakkan disiplin kerja melayani masyarakat Dogiyai. Pihaknya meminta Sekda tak segan-segan memberikan hukuman kepada para pegawai yang melakukan pelanggaran disiplin.  

"Saya juga meminta kepada Sekda agar para aparatur sipil negara yang berpresiasi diberikan penghargaan. Dengan demikian, mereka semakin termotivasi dalam berprestasi dan melayani masyarakat sepenuh hati," kata Bupati Dumupa, Magister Ilmu Pemerintahan lulusan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta.

Koordinasi

Sekretaris Daerah Dogiyai Petrus Agapa usai dilantik mengemukakan dalam waktu dekat pihaknya berkoordinasi dengan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah untuk memastikan agar sejumlah program pemerintah sesuai visi-misi daerah berjalan baik. "Tugas Sekda membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan visi dan misi Dogiyai Bahagia. Yang sudah ditetapkan oleh pimpinan akan kami jadikan pedoman untuk kami laksanakan bersama memajukan daerah dan melayani masyarakat," ujar Petrus Agapa.

Agapa, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dogiyai, menambahkan, pihaknya akan melakukan rapat bersama seluruh pimpinan OPD guna menyatukan persepsi sekaligus bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat. "Kami semua bertekad akan bekerja lebih keras dan cepat agar yang dicita-citakan kepala daerah dan masyarakat bisa terwujud," lanjut Agapa. 

Baca juga: Jawara Bogor Deklarasi Ridwan Kamil Jadi Calon Presiden 2024

Prosesi pelantikan dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pimpinan OPD, para camat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Petrus Agapa dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dogiyai Emanuel Dogomo mengikuti lelang jabatan tinggi pratama untuk mengisi pos Sekda oleh Panitia Seleksi Kabupaten Dogiyai. Agapa unggul satu poin lalu dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Sekda Dogiyai. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Kapolres Sikka Proses Pidana Anak Buahnya yang Aniaya Selingkuhan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:35 WIB
OKNUM polisi berinisial R yang menganiaya selingkuhannya pada Rabu 18 Mei 2022 telah dijebloskan ke jeruji besi di Polres Sikka, Kabupaten...
dok.ist

Ganjar Milenial Sumut Bagikan 300 Paket Sembako ke Sopir Bantor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 06:50 WIB
RELAWAN Ganjar Milenial Sumatera Utara (Sumut) membagikan 300 paket sembako ke sopir becak motor (bentor). Pembagian dilakukan di sejumlah...
Dispen TNI AD

KSAD Tinjau TNI AD Manunggal Air di Kupang

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:18 WIB
Peninjauan TNI AD Manunggal Air merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja KSAD ke wilayah Kodam IX/Udayana,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya