Jumat 21 Januari 2022, 15:53 WIB

Sopir Truk Tronton Jadi Tersangka

Yovanda Naraya | Nusantara
Sopir Truk Tronton Jadi Tersangka

ANTARA FOTO/HO/Novi A
Petugas mengevakuasi truk tronton bernomor plat KT 8534 AJ setelah mengalami kecelakaan di Turunan Rapak, Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan.

 

M Ali, 47, sopir truk tronton bermuatan 20 ton kontainer yang menabrak belasan kendaraan di Muara Rapak Balikpapan, Kalimantan Timur, resmi ditetapkan menjadi tersangka.

Tersangka dijerat pasal 310 UU no 22 tahun 2009 Tentang Lalau lintas angkutan jalan raya dengan ancaman 6 tahun dan di juncto kan dengan pasal 359 KUHP.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo menegaskan, M Ali resmi ditetapkan menjadi tersangka setelah pemeriksaan di kepolisian. "Sudah diperiksa di polres Balikpapan dan sudah ditetapkan jadi tersangka," kata Yusuf Sutejo, Jumat (21/1).

Akibat ulah M Ali, truk yang dikendarai menewaskan 4 orang, 4 orang luka berat, 17 korban luka ringan dan 1 korban kritis yang merupakan warga Kota Samarinda.

Yusuf menerangkan, tersangka telah melanggar Peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan yang melarang truk melintas di Simpang Rapak pada jam kerja atau jam sibuk. Peristiwa tabrakan terjadi di pukul 06.15 Wita. Pada saat itu, di lokasi kejadian banyak warga yang akan berangkat kerja dan mengantar anak sekolah.

"Dia melanggar Peraturan Wali Kota, seuai aturan truk angkutan besar itu hanya hanya diizinkan malam hari. Pada pukul 06.00 Wita hingga 00.00 Wita, truk dilarang melintas," jelasnya.

Dari hasil penyelidikan, sopir belum melakukan pengecekan kelayakan pada truk yang akan dikendarai. Sehingga, tersangka tidak mengetahui jika rem pada truk tersebut tidak pakem dan blong pada saat turunan di simpang Muara Rapak.

baca juga: Jumlah Korban Tabrakan Simpang Muara Rapak Bertambah

"Kondisi kelayakan truk belum dicek sebelum jalan. Jadi teknis layak jalan belum cek dengan betul, apakah rem kendaraannya baik atau tidak," imbuhnya.

Pengakuan tersangka pada saat pemeriksaan, truk tersebut berencana membawa kapur pembersih air ke daerah Balikpapan Barat. Saat berada di turunan Simpang Rapak Kota Balikpapan, kecepatan truk bertambah dan sopir tidak bisa mengendalikan karena rem truk sudah blong. Akibatnya truk langsung menghajar belasan kendaraan yang menunggu di lampu merah. (N-1)

 

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya