Kamis 20 Januari 2022, 16:09 WIB

Sungai Suba Meluap, Puluhan Rumah Warga Cirebon Terendam Banjir

Nurul Hidayah | Nusantara
Sungai Suba Meluap, Puluhan Rumah Warga Cirebon Terendam Banjir

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

HUJAN deras yang turun membuat puluhan rumah warga terdampak banjir di Kota Cirebon, Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, hujan deras yang turun pada Rabu malam (19/1) membuat sungai Suba di Kelurahan Drajat meluap. 

Nuraeni, warga RT 01 RW 01 Kelurahan Drajat, menjelaskan saat hujan deras, air di sungai semakin tinggi. Bahkan air sungai sampai keluar dari tanah dan retakan tanggul. "Sepertinya tanggul tidak mampu menahan rembesan air sehingga masuk ke rumah warga," tutur Nuraeni, Kamis (20/1).

Tidak hanya retakan tanggul, menurut Nuraeni, air juga keluar dari kamar mandi, terutama saluran pembuangan. "Banjir mulai terjadi pukul 21.00 WIB," tutur Nuraeni. Ketinggian air mulai surut sekitar pukul 23.00.

Diakui Nuraeni, banjir tidak lama merendam rumah warga. "Namun cukup menyusahkan karena bersih-bersihnya juga lama," tuturnya. 

Ketinggian air yang merendam rumah Nuraeni hanya semata kaki. Di kampung sebelah ketinggian air ada yang setinggi lutut orang dewasa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BPBD Kota Cirebon, hujan deras menyebabkan sejumlah rumah terdampak banjir. Rinciannya, sebanyak 20 rumah di RT 01 RW 01 Drajat dengan ketinggian air mencapai 50 hingga 60 cm dan satu rumah warga di RT 04 RW 01. 

Baca juga: 47 Sekolah Dasar di Kabupaten Cianjur Ajukan Merger

Tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Namun warga diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan di musim penghujan ini. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya