Selasa 18 Januari 2022, 20:15 WIB

Jaksa Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Penyerobotan Lahan dan Bangunan Milik Universitas Haluoleo

Abdul Halim | Nusantara
Jaksa Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Penyerobotan Lahan dan Bangunan Milik Universitas Haluoleo

ANTARA/Ekho Ardiyanto
Seorang dosen Universitas Haluoleo memimpin perkuliahan di luar ruangan

 


KEJAKSAAN Tinggi Sulawesi Tenggara kembali membongkar kasus dugaan korupsi pengalihan tanah secara ilegal milik Universitas Haluoleo, Kendari. Lahan berada di Desa Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara  Noerr Adi mengatakan pihaknya sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus itu. Mereka ialah Sulman, Lurah Toronipa; Milwan, Kepala SMPN 9 Kendari dan Andi Zainuddin, tenaga honorer di Universitas Haluoleo.

Ketiga tersangka diduga melanggar UU nomor 2 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012. Akibat perbuatan para tersangka negara mengalami kerugian.

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, ketiganya belum ditahan. Kejati masih menunggu arahan pimpjnan.

Sebelum penetapan tersangka, penyidik Kejati Sultra telah memeriksa 33 saksi. "Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka tambahan dalam kasus ini, tergantung dari pengembangan penyidikan," ujar Noerr Adi.

Dalam kasus itu, para tersangka diduga melakukan penjualan tanah kepada pihak tertentu yang akan digunakan untuk pembuatan jalan wisata Toronipa. Padahal, di atas tanah milik Universitas Haluoleo sudah ada bangunan berupa laboratorium perikanan.

Rektor Universitas Haluoleo Prof Muhamad Zamrun mengatakan tanah milik Universitas Haluoleo menyatakan bangunan laboratorium itu dibongkar tanpa melalui prosedur, sehingga telah ada aset negara yang hilang. "Negara sangat dirugikan." (N-2)

Baca Juga

DOK MI.

Polisi Aceh Tangkap Residivis Pemerkosa Anak di Bawah Umur

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:34 WIB
Kasus ini berawal saat pelaku NAS bertemu dengan korban yang sedang memotong ambal yang tidak digunakan lagi dekat rumah...
DOK MI.

Banjir Terjang 11 Desa di Kabupaten Probolinggo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:18 WIB
Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 keluarga terdampak banjir genangan dan...
DOK MI.

Polda NTT Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:11 WIB
Randy kini sudah dalam penanganan Kejaksaan tinggi NTT setelah seluruh berkas perkara dugaan pembunuhan yang dilakukannya dinyatakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya