Kamis 13 Januari 2022, 20:24 WIB

BRT akan Mulai Beroperasi di Mebidang pada 2023

Yoseph Pencawan | Nusantara
BRT akan Mulai Beroperasi di Mebidang pada 2023

DOK MI
Ilustrasi

 

BUS Rapid Transit (BRT) di Kota Medan dan sekitarnya, direncanakan akan mulai beroperasi 2023 dengan alokasi awal anggaran sebesar Rp1,8 triliun. Pemprov Sumut beserta Pemkot Medan, Pemkot Binjai dan Pemkab  Deliserdang telah menggelar pertemuan persiapan pengoperasian BRT. Pemkot Medan, Pemkot Binjai dan Pemkab Deliserdang juga sudah meneken naskah kerja sama rencana pengoperasian BRT.

BRT merupakan transportasi massal perkotaan berbasis bus yang memberikan mobilitas cepat, nyaman dan berbiaya rendah. BRT atau angkutan cepat bus ini populer di Jakarta dengan sebutan busway.

Rencananya, BRT di Sumut akan beroperasi melintasi wilayah perkotaan di Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang). Menurut Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kamis (13/1),  Kementerian Perhubungan akan membantu pembangunan dan pengembangan BRT di Mebidang dengan anggaran sebesar Rp1,8 triliun.

Anggaran tersebut adalah pembiayaan dari Bank Dunia dan Agence Francaise De Developpement (AFD). Adapun tahapan pembangunan sarana dan prasarana serta pengadaan armada akan dilaksanakan mulai Februari 2022. Didahului dengan pembangunan konstruksi Depot di Terminal Amplas dan Pinang Baris, rencananya, BRT di kawasan Mebidang sudah beroperasi mulai 2023.

Secara teknis, koridor BRT terproteksi akan dibangun sepanjang 21 km, dari Terminal Pinang Baris ke Terminal Amplas. Terdapat 33 stasiun BRT di sepanjang koridor terproteksi, dengan jarak rata-rata antarstasiun sekitar 600 meter.

Dengan sudah adanya rencana ini Gubsu mengatakan dirinya sudah meminta ketiga pemda untuk memulai penertiban bus, angkutan umum, parkir dan bahu jalan. Khususnya di Kota Medan yang masih banyak terdapat bahu jalan sempit ditambah lagi parkir kendaraan yang semrawut. "Yang utama, kami minta adalah parkir yang harus ditertibkan," ujarnya.

Pengoperasian busway ini juga menyaratkan penataan lingkungan dan jalur bahu jalan yang dapat digunakan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Semen Gresik Gelar Nyawiji Dengan Sedulur Sikep Samin

👤Haryanto 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:03 WIB
PT Semen Gresik (PTSG) Pabrik Rembang  mengadakan nyawiji dan sambung rasa dengan Sedulur Sikep Samin di Dusun Karangpace, Desa...
DOK.MilkLife

Rembang Sasar 100% Anak Tervaksin Dosis Pertama di Awal Februari 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:00 WIB
Jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama mencapai 36.500 anak atau 58% dari target yang...
ANTARA

Pemkot Bandung Diminta Tingkatkan Pengawasan PTM

👤Naviandri 🕔Jumat 21 Januari 2022, 15:58 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat diminta meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya