Sabtu 08 Januari 2022, 10:50 WIB

33  Ekor Penyu Dilepas di Pantai Kuta

Arnoldus Dhae | Nusantara
33  Ekor Penyu Dilepas di Pantai Kuta

MI/Arnold
Petugas dari Lanal Denpasar dan Polda Bali sedang melepas penyu di Pantai Kuta, Sabtu (8/1/2022).

 

PULUHAN ekor penyu hijau dilepasliarkan di Pantai Kuta, Sabtu (8/1/2022). Pelepasan penyu dihadiri Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. 

"Totalnya ada 33 ekor, dengan kita lepas penyu-penyu ini, mudah-mudahan nanti bisa berkembang biak lagi, dan semakin banyak," terang Wakasal, Sabtu (8/1/2022) di Kuta, Badung.

Sebelumnya, puluhan ekor penyu ini diamankan oleh anggota TNI AL Denpasar dari nelayan di perairan Selatan Bali, akhir Desember 2021 lalu. Pengungkapan bermula dari adanya laporan masyarakat terkait adanya upaya penyelundupan penyu, anggota TNI AL Denpasar kemudian melakukan patroli ini.

Di sana personel TNI AL menemukan 32 ekor penyu yang dibawa menggunakan 3 perahu dengan 21 orang ABK. Selain itu, ditemukan pula barang bukti lain seperti speargun atau panah ikan, baju selam dan sebagainya.

Wakasal mengatakan, karena merupakan hewan dilindungi oleh pemerintah sesuai dengan UU nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam, puluhan ekor penyu ini dibawa ke Pangkalan TNI AL Denpasar.

"Setelah koordinasi dari Kajati dengan Lanal, barang bukti penyu ini dilepaskan ke alam. Karena jika dibiarkan terlalu lama, akan bisa mati," jelasnya.

Ditambahkan, pelepasan juga sangat penting untuk menjaga ekosistem laut, karena penyu hijau memakan ganggang yang menutupi permukaan laut. Sehingga lanjutnya, dengan tidak adanya ganggang yang menutupi permukaan laut, sinar matahari akan bisa menembus ke bawah.

"Dengan demikian maka plankton yang ada di laut sebagai sumber makanan ikan, juga akan bisa tumbuh subur. Kalau planktonnya tidak ada, ikannya juga tidak akan ada. Tentu kasihan nanti nelayan kita," tegasnya. (OL/OL-10)

Baca Juga

MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Disperindag Jabar Buka Gerai Pertanian di Mal

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:50 WIB
Gerai pertanian pertama dibuka di Cihampelas Walk, salah satu pusat perbelanjaan di Kota...
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Rugikan Industri Hasil Tembakau, Formasi Ajukan Uji Materi PMK 161/2022

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:45 WIB
Pasalnya beleid itu mengancam keberlangsungan industri hasil tembakau (IHT) lantaran sejumlah pasal saling bertentangan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya