Kamis 16 Desember 2021, 14:14 WIB

Hasil Pilkades Dibatalkan, PSU Desa Sibandang Digelar pada 20 Desember

Kisar Rajagukguk | Nusantara
Hasil Pilkades Dibatalkan, PSU Desa Sibandang Digelar pada 20 Desember

MI/Januari Hutabarat
Sekda Tapanuli Utara, Indra Sahat S

 

PEMERINTAH Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara memutuskan mengulang Pemilihan Kepala Desa Sibandang di Kecamatan Muara. Keputusan itu sekaligus membatalkan kemenangan calon nomor urut 01 Hurrican Jamaru Rajagukguk, SE, atas petahana nomor urut 02, Fakter T.Sinaga.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Indra S.Simaremare mengatakan, alasan pemilihan suara ulang (PSU) Desa Sibandang karena terjadi kesalahan prosedur. Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tidak menjalankan fungsinya dengan benar.

"PPKD tidak membuka kertas suara  saat pencoblosan sebagaima diatur dalam Peraturan Bupati, " kata Indra, di Tarutung, Kamis (16/12).

Kesalahan selanjutnya, lanjut Indra, 10 personil PPKD juga kompak mengaku lalai saat menjalankan fungsi yang diterangkan dalam surat pernyataan.

Karena itu, jelas Indra, perselisihan Pemilihan Kepala Desa Sibandang 2021 harus diselesaikan dengan PSU selagus membatalkan kemenangan nomor urut 01 (Hurrican Jamaru Rajagukguk, SE) atas petahana nomor urut 02 Fakter T. Sinaga.

Dijadwalkan PSU digelar, Senin (20/12) di Desa Sibandang. Sehari setelah hasil PSU keluar, lalu kemudian dilanjutkan pelantikan Rabu (22/12) di Tarutung. "Pelaksanaan PSU ini akan mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian," janji Indra.

PPKD  diminta menggelar PSU  Pemilihan Kepala Desa  2021 dengan baik dan benar. Sebab, ada kemungkinan hasil pencoblosan ulang dipermasalahkan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Dapat menjadi objek hukum baru dalam sengketa perselisihan hasil Pilkades di PTUN," ungkap Indra.

Terkait PSU ini, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan Pilkades ulang Desa Sibandang didanai APBD dari pos tak terduga (TT).

Sebelumnya, PPKD Desa Sibandang menetapkan calon 01 Hurrican Jamaru Rajagukguk, SE, sebagai pemenang Pilkades Desa Sibandang 2021 dengan selisih suara tipis yaitu sebanyak 62 suara. Putusan Pemerintah Kabupaten itu sekaligus membatalkan penetapan kemenangan calon 01 (OL-13)

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya