Kamis 02 Desember 2021, 21:06 WIB

Suku Anak Dalam di Musi Rawas Utara Jalani Vaksinasi Covid-19

Dwi Apriani | Nusantara
Suku Anak Dalam di Musi Rawas Utara Jalani Vaksinasi Covid-19

MI/Dwi Apriani
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pemukiman Suku Anak Dalam oleh Pemkab Musi Rawas Utara dan BIN Sumsel.

 

PEMERINTAH Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan bersama Badan Intelijen Nasional Daerah (BIN) Daerah Sumsel melakukan vaksinasi khusus kepada masyarakat di wilayah pemukiman Suku Anak Dalam di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencapai herd immunity di wilayah Muratara.

Saat inib capaian vaksinasi di Muratara baru 49,85 persen sementara hingga akhir tahun ditarget bisa mencapai 70 persen. Bupati Muratara Devi Suhartoni mengatakan pihaknya sudah getol dalam mempercepat vaksinasi bagi masyarakat di daerahnya.

"Untuk mempercepat vaksinasi di Muratara, kita sangat membutuhkan kerja sama dan bantuan dari pihak lain. dan adanya bantuan dari BIN daerah Sumsel ini harus diapresiasi," kata Devi, Kamis (2/12).

Ia mengatakan, fokus area pelaksanaan vaksinasi kali ini menyasar pemukiman SAD yang ada di Muratara. "Permasalahan yang kita hadapi di Muratara ini ada dua yakni stok vaksin yang kurang dan masih ada masyarakat yang enggan divaksin," jelasnya.

Namun pihaknya terus menggencarkan sosialisasi untuk masyarakat agar menjalani vaksin. "Kami punya target tahun ini bisa capai 70 persen capaian vaksinasi, dan kami berharap banyak pihak dapat membantu. Karena untuk mencapai target ini tidak bisa hanya pemerintah saja," jelasnya.

M Toha, perwakilan dari BIN daerah Sumsel mengatakan pihaknya mendapatkan instruksi dari Presiden RI untuk membantu percepatan realisasi vaksinasi hingga ke tingkat daerah. Untuk di wilayah Muratara mereka mengirimkan sekitar 2.800 dosis vaksin. Namun jika kuota itu dianggap kurang maka akan mereka tambah kembali.

"Kami TNI, Polri, BIN terus mendorong pemerintah agar realisasi vaksinasi berjalan dengan lancar. Dan kami berharap di Muratara warga terbebas dari Covid-19," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muratara, Marlinda mengungkapkan, secara manual realisasi vaksinasi di kabupaten Muratara sudah lebih dari 60 persen. Namun yang baru tercatat di sistem online sekitar 49,8 persen.

"Untuk vaksinasi, kita langsung jemput bola turun ke pemukiman SAD untuk lakukan vaksinasi. Kami optimis di akhir tahun bisa tembus sampai 70 persen," katanya.

Ia mengimbau agar warga tidak percaya isu negatif yang berkembang di seputar vaksinasi, karena semua itu merupakan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. "Dengan divaksin yang jelas akan menambah daya imun tubuh kita dan bisa mengantisipasi virus Covid-19," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Suku komunitas SAD Muratara, Jafarin mengungkapkan warga SAD di Muratara mendukung penuh program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Pihaknya berharap, seluruh warga SAD bisa melakukan vaksinasi sehingga terbebas dari Covid-19. (OL-15)

Baca Juga

Dok Instagram @ataliapr/@emmerilkahn

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Terus Dilakukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:23 WIB
Keberadaan anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum diketahui hingga saat ini. Pencarian terus...
Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

Keberadaan Anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum Ditemukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:24 WIB
Hingga pukul 11.00 WIB nasib Emmeril Khan Mumtadz belum...
dok.ist

Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:18 WIB
KOMANDO Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya