Rabu 01 Desember 2021, 16:06 WIB

Gubernur Akui Rusaknya DAS Picu Banjir di Bangka Belitung

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gubernur Akui Rusaknya DAS Picu Banjir di Bangka Belitung

MI/Rendy Ferdiansyah.
Ratusah rumah di Babel terdampak banjir akibat hujan lebat disertai rob pada awal tahun ini.

 

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman megakui kondisi daerah aliran sungai (DAS) di wilayahnya sudah sangat rusak berat. Hal tersebut menimbulkan dampak-dampak seperti banjir.

Ia menyebutkan, banjir yang terjadi hampir di seluruh kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semisal Sungailiat, Pangkalpinang, Koba, Toboali, Mentok, Tanjungpandan, hingga Manggar merupakan ujung dari rusaknya DAS.

"Kami mengakui DAS di Babel sudah sangat rusak berat. Itu salah satu penyebab banjir di kota-kota yang ada. Banjir ini merupakan dampak dari kerusakan DAS," kata Erzaldi. Rabu (1/12).

Untuk mengantisipasi dan menyelamatkan kondisi tersebut, Erzaldi menyebutkan pihaknya akan terus melakukan rehabilitasi atau penyelamatan terhadap lingkungan dengan cara memperbanyak menanam pohon. Rehabilitasi dengan menanam menjadi upaya menyelamatkan aliran sungai. 

"Namun, menanam tidak sekadar menanam dengan mengandalkan biaya dari pemerintah," tegasnya. Konsolidasi pentahelix dan keterlibatan stakeholders dalam rehabilitasi DAS, lanjut Erzaldi, turut menjadi kunci untuk mempercepat perbaikan dengan menanam kembali dan menyelamatkan DAS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Pemkot Pasuruan Pompa Genangan Banjir, Aktivitas Warga Kembali Normal

"Pemerintah tidak bergerak sendiri, tetapi Forkopimda, TNI/Polri, termasuk mitra swasta yang bergerak di Babel terus kami ajak untuk menanam kembali sehingga membantu perbaikan DAS," ucapnya. Tak hanya itu, Erzaldi meminta unsur masyarakat dan kalangan umum mendukung setiap upaya penyelamatan DAS ataupun penanaman kembali di DAS sehingga aliran sungai menjadi lebih baik. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO/Novi A

Pascakecelakaan Truk di Balikpapan, Kemenhub Batasi Operasional Kendaraan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:28 WIB
Langkah itu sebagai mitigasi dalam menyikapi kejadian kecelakaan beruntun truk kontainer di Balikpapan, Jumat...
dok.Ant

Kasus Positif Covid di Jabar Naik Tajam jadi 3.454 Orang Dalam 12 hari

👤Naviandri 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:05 WIB
JUMLAH kasus aktif Covid-19 di Provinsi Jawa Barat (Jabar) bertambah drastis, hampir mencapai lima kali lipat dalam 12 hari...
MI/Alexander PT

PAW di DPRD Lembata, Sebastianus Muri Gantikan Gabriel Raring

👤Alexander P. Taum 🕔Senin 24 Januari 2022, 11:50 WIB
SEBASTIANUS Muri, pemilik suara terbanyak Kedua dalam Pemilihan legislatif tahun 2019 lalu, dari Partai PDIP dapil II, dilantik menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya