Senin 29 November 2021, 11:50 WIB

Geo Fun Rafting 2021 Siap Digelar di Geopark Merangin

Solmi | Nusantara
Geo Fun Rafting 2021 Siap Digelar di Geopark Merangin

MI/Solmi
Lomba Geo Fun Rafting 2021 Siap Digelar di Geopark Merangin pada 1 Desember 2021.

 

DINAS Periwisata Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi siap menggelar Geo Fun Rafting 2021. Yakni kemampuan dan uji nyali mengarungi arung jeram sambil menikmati menikmati eksotiknya alam wisata di kawasan Geopark Merangin yang tengah dipersiapkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco (Unesco Global Geopark).

Bupati Merangin H.Mashuri menyebutkan, Geo Fun Rafting 2021 sejatinya merupakan bagian dari kegiatan Festival Geopark Merangin, yang beberapa tahun lalu rutin dilakukan. Terutama semenjak dua masa kepemimpinan Bupati Al Haris (kini menjabat Gubernur Jambi, Red) hingga sekarang.

Kegiatan yang mendapat dukungan dari pemerintah provinsi dan kementerian pariwisata tersebut membuat Geopark Merangin makin banyak dikenal, dan dikunjungi banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

Geopark Merangin yang eksotis dengan fosil-fosil flora, fauna uniknya, menurut sejumlah ahli geologi, sebagai salah satu situs taman bumi (geopark) tertua di Asia (lebih 300 juta tahun). Selain didaulat Kementerian Pariwisata sebagai salah satu branding destinasi wisata nasional, kini Geopark Merangin terus dibenahi untuk segera ditetapkan menjadi situs warisan dunia Unesco Global Geopark.

Kepala bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Erwin mengatakan, salah satu target utama dari Geo Fun Rafting 2021 adalah untuk akselerasi mewujudkan Unesco Global Geopark (UGG) Merangin-Jambi.

"Makanya kita ajak kawan-kawan di Merangin untuk betul-betul serius mempersiapkan acara ini. Kita semua all out melakukan persiapan acara ini, kata Erwin.

Sekda Kabupaten Merangin Fajarman menyebutkan, Geo Fun Rafting 2021 mendapat dukungan penuh Gubernur Jambi H Al Haris beserta jajaran Dinas Pariwisata Jambi. Kegiatannya dimulai tanggal 1 sampai 3 Desember 2021. Titik star (put in) dimulai dari spot wisata Air Batu, Kecamatan  renah Pembarap, dan finish (take out) di kawasan Teluk Wang Sakti.

Selain mengundang rafter-rafter handal nasional yang tergabung dalam Federasi Arung Jeram Indonesia, Badan Geologi, Taman Mini Indonesia, panitia juga mengundang sejumlah wartawan internasional dan nasional untuk menjajaki keseruan rafting di alur Sungai Batang Merangin yang mengalir di tengah kawasan Geopark Merangin. (OL-13)

Baca Juga: Raja Ampat dan Merangin Diusulkan jadi Unesco Global Geopark

 

Baca Juga

MI/Gabrile Langga

IKIPMU Beri Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi 1.000 Guru di Sikka Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:25 WIB
KAMPUS Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMU) Maumere, membuat program pelatihan penulisan karya ilmiah bagi 1.000...
MI/Dok Indosat Ooredoo Hutchison

IOH Umumkan Pemenang Video Challenge LCC Solo 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 05:45 WIB
Lebih dari 1.000 peserta yang didominasi berasal dari Solo dan sekitarnya, telah mendapatkan pelatihan pembuatan konten kreatif yang...
MI/BAYU ANGGORO

Kang Emil Berhasil Bantu Penjual Lukisan di Braga Lewat NFT

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:35 WIB
Lukisan yang biasanya hanya bisa laku Rp500 ribu-Rp1juta berhasil dijual Kang Emil dengan harga Rp2,4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya