Kamis 25 November 2021, 16:15 WIB

Proyek Kepedulian Sosial QNET dan ASA Foundation Raih Penghargaan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Proyek Kepedulian Sosial QNET dan ASA Foundation Raih Penghargaan

Dok.Qnet
Salah satu pelatihan yang dilakukan untuk anak-anak sekolah

 

PROGRAM kepedulian sosial berbasis olahraga yang diluncurkan oleh RYTHM Foundation dan ASA Foundation diumumkan sebagai pemenang Emas pada Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021. RYTHM Foundation adalah bagian dari program sosial QI Group, induk perusahaan QNET. Landasan itu dibangun di atas prinsip pemberdayaan, kesukarelaan, dan ketahanan untuk menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan di masyarakat.

Malou Caluza, CEO QNET, mengungkapkan kebanggaannya atas dampak yang diberikan oleh kemitraan antara RYTHM dan ASA Foundation. “RYTHM Foundation telah menjadi mercusuar harapan kami melalui masa-masa terberat yang membimbing kami dalam melayani masyarakat tempat kami beroperasi. Dengan dukungan dan bimbingan dari RYTHM, kami dapat menjangkau dan membantu komunitas di lebih dari 30 negara yang terkena dampak covid-19 tahun lalu. Selain program pemenang penghargaan ini, kemitraan dengan ASA Foundation telah memungkinkan kami untuk berhasil memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang pencegahan virus covid-19, Kesehatan & Sanitasi menggunakan platform pembelajaran virtual kepada lebih dari 25.000 siswa di seluruh Indonesia.”

Baca juga: Koodinator Nasional Ganjarist Gelar Bakti Sosial di Panti Sosial

"Meskipun kami telah bekerja pada proyek-proyek dampak sosial di seluruh Indonesia, dan sebelumnya telah memenangi penghargaan Stevie CSR regional, ini adalah penghargaan pertama yang kami terima dari ISDA. Namun, hal yang paling penting adalah bahwa kerjasama antara ASA Foundation dan RYTHM Foundation akan menghasilkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Jawa Barat dan Banten yang menjadi target proyek kami. Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi pemicu bagi ASA Foundation & RYTHM Foundations untuk memperkuat upaya kolaborasi masa depan untuk pengembangan pemuda di Indonesia,” tambah Lee Hawkins, Pendiri & Penasihat Teknis ASA Foundation.

CFCD  (Corporate Forum for CSR Development) adalah sebuah Gerakan masyarakat sipil yang beranggotakan profesional dari berbagai disiplin ilmu. Banyak guru besar, professor, mantan professional dan eksekutif perusahaan, penggiat sosial. CFCD dan  Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Indonesia melakukan kolaborasi tahunan dengan mengadakan SDGs Award (ISDA) 2021 untuk mendukung penyelarasan Indonesia menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN SDGs).

Pada 2019, RYTHM Foundation bekerjasama dengan ASA Foundation, sebuah LSM yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan di Indonesia, berusaha membantu kaum muda melalui program dampak sosial yang berkelanjutan melalui sekolah dan proyek berbasis masyarakat, untuk mendanai dan mendukung Program Intervensi Sosial Berbasis Olahraga 3 Tahun . Program pemenang penghargaan ini dirancang untuk fokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB 4 (Pendidikan Berkualitas) dengan meningkatkan kualitas pendidikan bagi kaum muda dan dewasa.

Proyek ini dimulai pada 2019 dengan lokakarya Training-of-Trainer (ToT) 3 hari di Tangerang, Banten, Indonesia, bagi 36 guru lokal untuk mengembangkan kapasitas mereka dalam memberikan program pengembangan dan pemberdayaan pendidikan berbasis olahraga yang efektif bagi laki-laki dan remaja perempuan yang berfokus pada topik utama seperti kesehatan, kebersihan, keahlian & kesetaraan gender.

Para guru tersebut kemudian ditempatkan di beberapa sekolah menengah pertama di seluruh Tangerang untuk melaksanakan pembelajaran mereka, dengan tujuan mengubah kehidupan lebih dari 9.700 siswa sekolah menengah selama program berlangsung dengan membekali mereka dengan keterampilan hidup, menanamkan perilaku sehat, dan menanamkan sikap positif. dan nilai-nilai yang baik untuk mempersiapkan mereka memasuki masyarakat sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab. Selama program berlangsung, ASA Foundation juga mengadakan sesi bimbingan dan evaluasi mingguan dengan para guru untuk memantau kemajuan dan hasil pengajaran.

Sebelumnya, RYTHM Foundation bermitra dengan ASA Foundation untuk menyelenggarakan proyek pengembangan pendidikan pemberdayaan perempuan inklusif selama 12 bulan untuk 30 guru sekolah perempuan dan lebih dari 5.000 pemuda termasuk anak - anak disabilitas di Subang, Jawa Barat, Indonesia.

“Memberikan penilaian dan evaluasi yang adil melalui kompetisi penghargaan seperti ISDA akan mendorong organisasi lokal dan internasional untuk meningkatkan percakapan lingkungan dan upaya intervensi sosial mereka di Indonesia. Saya berharap lebih banyak perusahaan akan bergabung dengan ISDA untuk mempresentasikan proyek tanggung jawab sosial terbaik mereka yang akan bermanfaat bagi banyak pemangku kepentingan dan masyarakat setempat secara keseluruhan,” kata Ketua umum CFCD- Ir. Thendri Supriatno MBA. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Korban Jiwa Akibat Banjir di Lombok Barat Bertambah jadi 5

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:00 WIB
Di antara korban banjir yang meninggal dunia, ada bayi berusia enam bulan dan warga yang berusia 80...
AFP/Juni Kriswanto.

Korban Semeru: Tempat ini bakal Menjadi Kota Hantu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 18:03 WIB
Desa tersebut menjadi rumah bagi sekitar 50 keluarga sebelum letusan. Banyak di antara mereka bekerja di tambang pasir yang menghiasi...
Tangkapan Layar/Palce Amalo

PTUN Kuatkan Keputusan Bupati Sorong Cabut Izin Dua Perusahaan Sawit

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 Desember 2021, 16:45 WIB
PTUN Jayapura, Papua mengesahkan keputusan Bupati Sorong untuk mencabut Izin Usaha Perkebunan (IUP) PT. Papua Lestari Abadi dan PT. Sorong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya