Jumat 12 November 2021, 16:18 WIB

Jalan Lintas Penghubung Musi Banyuasin-Lubuklinggau Diterjang Longsor

Dwi Apriani | Nusantara
Jalan Lintas Penghubung Musi Banyuasin-Lubuklinggau Diterjang Longsor

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

LONGSOR terjadi kembali di ruas jalan lintas Sekayu-Lubuklinggau Km 131, Desa Sukarami, Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. Longsor ini diakibatkan terjangan arus Sungai Musi tersebut memakan setengah badan jalan.

Karena longsor itu, arus lalu lintas di titik tersebut menjadi terganggu lantaran kendaraan yang melintas harus bergiliran, terutama kendaraan besar. Bukan hanya itu, akibat longsor ini menyebabkan rawan kecelakaan, sehingga diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian para pengendara.

"Kami akan melakukan pengamanan di area lokasi terjadinya longsor untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas," ujar Kapolres Muba Ajun Komisaris Besar Alamsyah Pelupessy, Jumat (12/11). Pihaknya khawatir longsor semakin besar dan dapat berujung pada akses jalan utama penghubung dua kabupaten tersebut putus. 

Hal itu karena debit air di Sungai Musi terus meninggi akibat hujan dalam beberapa pekan terakhir yang membuat arus air semakin deras. "Kami mengimbau kepada para pengendara harus lebih berhati-hati saat melintas agar tidak terjadi kecelakaan. Apalagi saat malam hari dan saat hujan terjadi," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muba, Pathi Riduan, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPPJN) Wilayah Sumsel. "Hasil koordinasi itu disepakati, untuk sementara waktu kendaraan besar diimbau untuk tidak melintas di jalan tersebut dan dialihkan ke arah Prabumulih," kata dia.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Cimahi Berhadiah Barang Elektronika

Pasalnya, jika sering dilalui kendaraan bertonase besar, bukan tidak mungkin jalan kembali longsor yang memicu terjadinya kecelakaan. "Sebagai tidak lanjut kita, Forum Lalu Lintas Muba yang dipimpin Kapolres Muba meninjau lokasi longsor. Di lokasi longsor akan diberi rambu-rambu peringatan. Nanti pihak Satlantas Polres Muba akan memasang police line di titik longsor. Kami dari Dishub akan memasang pembatas, agar kendaraan yang melintas dapat lebih berhati-hati," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok Polda Banten

Kapolda Banten Tinjau Vaksinasi Massal Pelajar Serentak

👤RO/Micom 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:16 WIB
Vaksinasi untuk mengejar herb...
DOK/YELLO HOTEL

YELLO Hotel Paskal Bandung dan Angin Photoschool Gelar Pelatihan Food Photography

👤Media Indonesia 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:15 WIB
Food Photography menjadi keahlian yang sangat dibutuhkan dalam dunia kuliner, guna mempromosikan dan penyajian makanan dan...
MI/Wibowo Sangkala

PB Al Khairiyah Minta Kementerian PUPR Lebarkan Jalan Cilegon-Anyer

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:00 WIB
RUAS Jalan Cilegon-Pasauran tepatnya di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten saat ini kondisinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya