Jumat 22 Oktober 2021, 07:05 WIB

KMP Garda Maritim 7 Mulai Layari Rute Larantuka-Kupang

Palce Amalo | Nusantara
KMP Garda Maritim 7 Mulai Layari Rute Larantuka-Kupang

Mtv/Ferdi Rabu
KMP Garda Maritim 7 bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Bolok K Kupang, NTT.

 

KAPAL Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 7 mulai melayari rute Larantuka, Kabupaten Flores Timur dan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan lama pelayaran 10 jam lebih cepat dari biasanya 13 jam.

Pelayaran perdana KMP Garda Maritim 7 dilepas oleh Direktur Utama PT. Multiguna Maritim, Yusak V. Benu bersama Forkopimda Flores Timur dari Pelabuhan Waibalun pada Kamis (21/10), mengangkut ratusan penumpang dan puluhan kendaraan roda empat dan roda dua. Kapal dijadwalkan sandar di Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang, Jumat (22/10) siang.

Menurut Yusak, KMP Garda Maritim akan melayari rute Larantuka-Kupang pp tiga kali dalam seminggu yakni setiap Selasa, Kamis dan Minggu, serta selalu menonjolkan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang. "Dengan kehadiran pelayanan baru yang diberikan manajemen menjadi jawaban untuk keresahan masyarakat yang selalu mendapatkan antrian panjang selama berhari-hari di pelabuhan bahkan bisa seminggu lebih untuk melintasi rute ini," ujarnya.

Yusak menyebutukan, manajemen juga akan berkolaborasi dengan PT ASDP Indonesia Fery agar rute bisa dilayari lima kali dalam seminggu. "Kami dapat melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi, biasanya antrian hari ini baru bisa terangkut besok atau lusa, tapi sekarang masyarakat tidak harus menunggu berhari-hari di pelabuhan," ujarnya.

Menurutnya, para pedagang ikan segar dari Flores Timur yang akan menjual ikan di Kupang diuntungkan karena kapal tiba lebih cepat di pelabuhan tujuan sehingga ikan terhindar dari risiko kerusakan.

"Beberapa sopir truk yang biasanya sudah mengantri tetapi tidak kebagian tiket, saat ini mereka bisa berangkat tanpa harus menunggu berhari-hari lagi. Bahkan manajemen Garda Maritim menawarkan kopi panas gratis dan kasur empuk di ruang VIP untuk memanjakan sopir-sopir yang kelelahan," tambahnya.

Yusak mengharapkan investasi dalam bentuk pembukaan rute pelayaran baru ini berdampak pada disparitas harga di masyarakat yang mendorong roda perekonomian, serta mendukung penuh program Ring of Beauty yang dicetuskan Pemprov NTT.

Menurutnya, masih ada armada baru Garda Maritim yang akan tiba dalam waktu dekat untuk melayari pulau lainnya seperti Timor, Flores dan Sumba.

Untuk rute Larantuka-Kupang, tambahnya, ke depan bisa ditambah untuk rute Larantuka-Lembata setiap Sabtu. "Kami mendengar keluhan dan masukan dari masyarakat, kadang bisa dua minggu atau lebih baru bisa mendapatkan akses Lembata-Larantuka," kata Yusak.

Karena itu, rute Larantuka-Lembata pp bakal dibuka untuk membantu mobilitas masyarakat Lembata dan Larantuka, serta pulau-pulau sekitarnya seperti Solor dan Adonara. (OL-13)

Baca Juga: Kampus Bintan Tourism Institute Tutup Total Mulai 1 November 2021

 

Baca Juga

dok.humas

Wujudkan Herd Immunity, Binda Gorontalo Gelar Vaksinasi hingga Pelosok

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 16:35 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk mewujudkan herd...
AFP

PUPR Terjunkan Tim dan Alat Berat untuk Tanggap Darurat Erupsi Semeru

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 16:13 WIB
Tim Tanggap Darurat Kementerian PUPR baru bisa mendekat ke beberapa titik lokasi Jembatan Besuk...
Ist

Baznas Bangun Pos Kesehatan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:06 WIB
Baznas juga telah terlebih dahulu mengirimkan tim tanggap bencana dari Baznas Kabupaten Lumajang, yang menjadi titik terdekat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya