Rabu 13 Oktober 2021, 11:55 WIB

Sekarang ODGJ di Bandung Bisa Punya e-KTP Euyy

Naviandri | Nusantara
Sekarang ODGJ di Bandung Bisa Punya e-KTP Euyy

Antara
Ilustrasi: e-KTP

 

MELALUI program Bi Eha (Bisa euy hebat) dan mang Udin (Mangga Urus identitasnya) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Jawa Barat tengah gencar jemput bola terkait pencatatan kependudukan untuk orang dengan ganguan jiwa (ODGJ), lansia, sakit keras, dan disabilitas.

"Sasaran progam ini ODGJ, lansia dan disabilitas untuk memenuhi hak mereka sebagai warga negara. Pelayanan yang diberikan adalah rekam e-KTP, pencetakan akta kelahiran dan translasi akta kelahiran bagi penyadang tuna netra,â€? kata  Kadiscapil  Tatang Muchtar di Bandung, Rabu (13/10).

Saat ini untuk penyandang disabilitas yang belum direkam tercatat sebanyak 172 jiwa dari 1.744 jiwa, lansia yang belum direkam sebanyak 739 jiwa dari 257.561 jiwa. Pihaknya  menghimbau agar masyarakat yang memiliki keluarganya yang lansia, sakit  keras, disabilitas ataupun ODGJ agar dilakukan rekam KTP guna pemenuhan hak kebutuhan pencatatan kependudukannya.

"Jangan malu laporkan saja, nanti tim kami datang, kami ada dua tim untuk menyasar ini, selain itu kami kolaborasi dengan Dinas Sosial Kota Bandung, panti rehab dan kewilayahan. Tim Bi Eha dan Mang Udin terus ke lapangan bahkan saat PPKM tetap bekerja dengan mengenakan protokol kesehatan ketat," jelasnya.

Melalui program ini diharapakan hak terhadap kepemilikan dokumen kependudukan ini bisa terpenuhi. Dalam memberikan pelayanan, program Bi Eha dan Mang Udin memanfaatkan mobil pelayanan  yang sudah tersedia untuk kemudian dilengkapi peralatan perekaman e-KTP portable.

"Ini akan terus dilakukan sebagai layanan mengingat, hak kependudukan lansia, penyandang disabilitas terhadap administrasi kependudukan dan layanan publik lainnya harus dipenuhi," tuturnya.

Tatang menambahkan, berkat kerja keras dan pelayanan prima, program Bi Eha dan Mang Udin masuk nominasi 45 top inovasi se Jawa Barat (Jabar). Mudah-mudahan bisa masuk 10 besar. Ini diketahui berdasarkan surat Sekda Provinsi Jabar nomor 5588/HM.06/Org tanggal 28 September 2021, perihal Finalis TOP Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Barat (KIJB). Layanan dari Disdukcapil Kota Bandung itu meraih TOP 45 KIJB tahun 2021.

"Inovasi ini akan kembali dipersentasikan untuk mendapatkan kesempatan meraih TOP 10 KIJB tahu 2021," lanjutnya.

Disdukcapil Kota Bandung kata Tatang, sudah mendapatkan 9 penghargaan yang diraih dan masih ada yang berproses di tahun ini. Seperti Kemenpan pelayanan prima, kemudian juga sedang mempertahankan wilayah bebas korupsi bisa masuk WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Saat ini Disdukcapil pun berkordinasi dengan Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung (Dinsosnangkis) dan juga dengan panti atau Rumah Sakit ketika memang ada identitas di sana. Kadang warga yang punya anggotanya relatif malu untuk melapor ke dinas.(OL-13)

Baca Juga: Gubernur DKI Lantik Wali Kota Jaksel dan Jakbar Hari Ini

 

 

 

 

 

Baca Juga

DOK MI

Polda Sulteng Tegaskan Akan Usut Kasus Dugaan Asusila Oleh Oknum Kapolsek

👤Widhoroso 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 00:03 WIB
KEPOLISIAN Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan kasus dugaan asusila yang diduga oknum...
DOK MI

RSUD Kardinah Tegal Miliki Laboratorium PCR

👤Supardji Rasban 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:56 WIB
UNTUK mendukung percepatan hasil tracing Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah, kini memiliki...
ANTARA

Mahasiswa ITHB Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

👤Widhoroso 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:23 WIB
Di Indonesia, data 2019 menunjukkan sekitar 2 juta orang mengalami tuli dan diperkirakan setiap tahun, ada sebanyak 5 ribu bayi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya