Minggu 03 Oktober 2021, 14:45 WIB

Jelang Musim Penghujan, Pemeliharaan Drainase Ditingkatkan

Nurul Hidayah | Nusantara
Jelang Musim Penghujan, Pemeliharaan Drainase Ditingkatkan

MI/G-News
Ilustrasi membersihkan drainase.

 

JELANG musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon meningkatkan intensitas pemeliharaan drainase.

Kepala DPUTR Kota Cirebon, Syaroni, menjelaskan intensitas pemeliharaan drainase ditingkatkan agar saat musim hujan tiba, drainase tersebut dapat menampung air yang turun. ''Debit saat musim hujan akan lebih tinggi,'' tutur Syaroni, Minggu (3/10). 

Dengan peningkatan intensitas pemeliharaan diharapkan dranaise dapat menampung air dalam jumlah banyak saat musim penghujan tiba.

Pemeliharaan yang dilakukan berupa pembersihan gorong-gorong, penyedotan lumpur dan membersihkan sampah yang menutupi drainase. Sedangkan prioritas pemeliharaan drainase di sejumlah ruas jalan yang sering terjadi banjir. Diantaranya di ruas Jalan Ciptomangunkusumo dan Jalan Terusan Pemuda. ''Hampir semua drainase yang rawan genangan air sudah kami bersihkan,'' tutur Syaroni.

Selain meningkatkan pemeliharaan drainase, pihaknya juga telah menyiapkan tim khusus. Tim tersebut akan langsung turun saat terjadi genangan iar di musim penghujan. ''Tim ini dibentuk terkait dengan instruksi Walikota Cirebon agar semua siaga bencana di musim penghujan,'' tutur Syaroni. Tim ini akan diterjunkan kapan pun dan di mana pun saat terjadi genangan air.

Selanjutnya Syaroni juga menambahkan pihaknya terbuka menerima pengaduan masyarakat terkait infrastruktur di Kota Cirebon. ''Kalau ada keluhan terkait infrastruktur, kami siap untuk turun dan memperbaiki,'' tutur Syaroni. (UL/OL-10)
 

Baca Juga

Ist

Jangkau Pelanggan lebih Dekat, Bolde Buka Store di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:50 WIB
Pembukaan Bolde Store Yogya bertujuan untuk menjangkau konsumen di area Yogyakarta dan...
MI/Ruta Suryana

ISI Denpasar Bangun Monumen 'Wall of Fame'

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:12 WIB
Bagi Prof Kun Adnyana, masyarakat penyangga yang terdiri dari berbagai kalangan bereputasi tersebut telah banyak berkontribusi luar...
Medcom.id

Penambangan Ilegal, Polisi Tangkap Direktur PT Saraba Kawa

👤Lukman Diah Sari 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:40 WIB
Polres Tanah Bumbu menemukan PT Saraba Kawa melakukan Penambangan Ilegal di Desa Mangkal Api, Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupatan, Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya