Senin 27 September 2021, 07:40 WIB

Jembatan Lengkung Sei Alalak 1 Banjarmasin Mulai Difungsikan untuk Umum

Denny S Ainan | Nusantara
Jembatan Lengkung Sei Alalak 1 Banjarmasin Mulai Difungsikan untuk Umum

dok.jejakrekam.com
Jembatan Sei Alalak 1 mulai diopersionalkan untuk roda dua dan empat meskipun belum diresmikan.

 

JEMBATAN lengkung Sei Alalak 1 Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan mulai difungsikan untuk masyarakat umum. Sebelumnya, muncul polemik dan menjadi viral terkait penggunaan jembatan untuk kalangan tertentu sebelum diresmikan.

Pantauan Media, sejak Minggu (26/9) jembatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala serta menjadi akses menuju Provinsi Kalimantan Tengah ini mulai dibuka untuk umum, kecuali truk dan kendaraan bermuatan berat. Sedianya jembatan lengkung pertama di Indonesia yang dibangun dengan biaya Rp278 miliar, oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Pandji, baru akan dibuka menunggu peresmian dalam waktu dekat.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Syauqi Kamal mengakui difungsikannya jembatan Sei Alalak 1 Banjarmasin untuk umum menyusul adanya perintah Presiden RI Joko Widodo. "Presiden meminta agar Jembatan Alalak 1 dibuka untuk umum, khususnya roda dua dan roda empat pribadi," ujarnya.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya, membenarkan adanya perintah pembukaan atau difungsikannya jembatan untuk masyarakat oleh Presiden Jokowi.

Jembatan Alalak yang dibangun sejak 2019 tercatat sebagai jembatan pertama di Indonesia menggunakan rancangan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung. Bentang utama jembatan memiliki panjang 130 meter, jembatan pendekat 125 meter, dan oprit jembatan sepanjang 425 meter.

Selama proses pembangunan jembatan, arus lalu lintas dan angkutan barang dialihkan ke jembatan Sei Alalak 2 yang berada tidak jauh dari lokasi jembatan Sei Alalak 1 serta jalur sungai. (OL-13)

Baca Juga: RKS Lombok Deklarasi Sandiaga Uno untuk Capres 2024 di Pasar Tradisional

 

Baca Juga

MI/Depi Gunawan.

10 Orang Meninggal Dunia akibat DBD di Cimahi

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:25 WIB
Dari 10 kasus meninggal akibat DBD didominasi usia...
MI/Kristiadi

Polisi Gencar Gelar Vaksinasi, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Melandai

👤Kristiadi 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:59 WIB
Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil laporan yang diterimanya, tinggal satu orang yang menjalani isolasi di...
MI/Tosiani

Peserta Kuliah Tatap Muka Untidar Gunakan Sipadu dan Screening Aplikasi Peduli Lindungi

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:49 WIB
Tujuan pemberlakuan ketentuan ini untuk memastikan bahwa mahasiswa yang masuk ke dalam lingkungan kampus adalah mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya