Jumat 24 September 2021, 19:28 WIB

Kang Emil Sangsikan Adanya Ratusan Klaster Covid-19 Akibat PTM Terbatas

Naviandri | Nusantara
Kang Emil Sangsikan Adanya Ratusan Klaster Covid-19 Akibat PTM Terbatas

MI/RAMDANI
Siswa kelas 10 mengikuti pembelajaran tatap muka dalam kelas yang sudah dipasang penyekat di SMAN 2 Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyangsikan laporan tentang adanya 149 klaster Covid-19 selama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Jabar. Menurutnya, laporan yang ditampilkan dalam laman Kemendikbudristek (https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/) itu masih belum tervalidasi datanya.

"Laporan hari ini dari Dinas Pendidikan (Disdik) kami bahwa itu datanya belum valid, sudah dicek ke pusat dari mana datanya itu masih belum terkonfimasi. Sehingga data itu masih belum bisa dikutip secara resmi karena datanya belum pasti," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Jumat (24/9).

Karena itu, ia belum bisa membenarkan terkait temuan tersebut. Andaikata ada ribuan siswa dan guru yang terpapar Covid-19, tentunya Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar telah mendapatkan data tersebut lebih dulu. "Tim dari Disdik Jabar mengecek dan hasilnya masih belum bisa dikonfirmasi," tandasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung juga memastikan belum ditemukan ada klaster baru penyebaran Covid-19 di sekolah yang telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mulai dari jenjang PAUD hingga SMA sederajat di Kota Bandung.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada lonjakan kasus Covid-19 dan juga laporan dari sekolah-sekolah yang telah menggelar PTM terbatas di Kota Bandung. Semua menjalankan dispilin protokol kesehatan (prokes) mulai dari rumah, di sekolah dan tidak ada aktivitas lain. Selesai belajar siswa kembali ke rumah,â€? kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes)  Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

Menurut Ahyani, selain itu pihaknya setiap hari selalu memantau PTM terbatas dan selalu mengingatkan penerapan prokes. Begitu juga surveilans terus berjalan melalui tracing dan testing, penanganan kasus cepat dilakukan jika ada yang terpapar dan yang tak kalah pentingnya adalah koordinasi aktif dengan Pemerintah Provinsi Jabar dan Kementrian Kesehatan untuk update situasi dan kebijakan. (OL-15)

Baca Juga

Antara

300 Pelajar di Kalimantan Tengah Diam-Diam Menikah saat Sekolah Daring

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:45 WIB
Gubernur Kalimanan Tengah Sugianto Sabran mengaku tidak pernah mengira kebijakan pembelajaran daring berdampak pernikahan dini kalangan...
MI/Solmi.

Syarif Fasha Siap Besarkan NasDem di Jambi

👤Solmi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:05 WIB
Di hadapan Gubernur Jambi H. Al Haris yang turut hadir, Syarif Fasha dengan lantang mengisahkan dirinya kepincut bergabung dengan...
DOK PEMPROV JATENG

Di Hari Santri Nasional, Ganjar Harap Semua Teladani Perjuangan Para Santri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:21 WIB
Kepada para santri di seluruh Indonesia, Ganjar berharap semakin mengikuti perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya