Kamis 23 September 2021, 14:44 WIB

Temanggung Berambisi Jadi Sentra Penghasil Bawang Putih Terbesar

Tosiani | Nusantara
Temanggung Berambisi Jadi Sentra Penghasil Bawang Putih Terbesar

MI/Tosiani
Bawang putih.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah optimistis dapat menjadi daerah penghasil bawang putih terbesar di Indonesia setelah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Diharapkan Temanggung menjadi sentra produksi bawang putih produktif yang menjadi penyangga kebutuhan nasional.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto, Kamis (23/9).

Ia menyebut, potensi lahan di Temanggung yang bisa ditanami bawang putih sekitar 10 ribu hektare (ha). Hanya saja, hingga tahun ini baru bisa tanam di lahan seluas 1.300 hektare. Karenanya, Pemkab Temanggung terus mendorong petani untuk menanam secara mandiri guna mendukung swasembada bawang putih. "Setiap satu hektare lahan dapat menghasilkan 10 ton bawang putih basah," katanya.

Adapun total luasan tanam bawang putih di Kabupaten Temanggung tahun ini mencapai 1.300 hektare. Terdiri dari luasan lahan yang ditanami bawang putih pada Bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021. Sentra bawang putih  tersebar di 12 kecamatan.

"Sentra bawang putih Kabupaten Temanggung ada di 12 kecamatan. Namun dua kecamatan, yakni Tretep dan Ngadirejo luasannya paling besar yakni 500 hektare dan 200 hektare," kata Joko.

Menurutnya, luasan tanam bawang putih di Kabupaten Temanggung tahun ini cenderung menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Penyebabnya lantaran alokasi pembiayaan dari APBN juga berkurang karena kebanyakan dana digunakan untuk penanganan pandemi covid-19.

Pada 2020, pembiayaan dari APBN untuk komoditas ini mencapai luasan 500 ha. Namun pada tahun ini berkurang menjadi 200 ha. Selain itu, penananam dari importir tahun ini juga turun menjadi 800 hektare, dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.000 ha. (TS/OL-10)

Baca Juga

Ist

Jangkau Pelanggan lebih Dekat, Bolde Buka Store di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:50 WIB
Pembukaan Bolde Store Yogya bertujuan untuk menjangkau konsumen di area Yogyakarta dan...
MI/Ruta Suryana

ISI Denpasar Bangun Monumen 'Wall of Fame'

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:12 WIB
Bagi Prof Kun Adnyana, masyarakat penyangga yang terdiri dari berbagai kalangan bereputasi tersebut telah banyak berkontribusi luar...
Medcom.id

Penambangan Ilegal, Polisi Tangkap Direktur PT Saraba Kawa

👤Lukman Diah Sari 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:40 WIB
Polres Tanah Bumbu menemukan PT Saraba Kawa melakukan Penambangan Ilegal di Desa Mangkal Api, Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupatan, Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya