Senin 06 September 2021, 20:42 WIB

Cianjur Segera Terapkan Aturan Wajib Vaksin Bagi Pengunjung Mall dan Pasar

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Cianjur Segera Terapkan Aturan Wajib Vaksin Bagi Pengunjung Mall dan Pasar

DOK MI
Ilustrasi

 

PENGECEKAN kartu vaksin Covid-19 segera diterapkan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebijakan ini akan diterapkan bagi pengunjung  pusat perbelanjaan moderen atau mall serta pasar tradisional.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadhi menjelaskan saat ini sifatnya masih sebatas imbauan. Jadi, di setiap pusat perbelanjaan dan pasar tradisional akan ditempatkan petugas yang akan mengecek setiap pengunjung.

"Kami dari Divisi Penegakan Aturan dan Perubahan Perilaku Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 akan melakukan pengecekan kartu vaksin sebagai bukti seseorang itu sudah atau belum divaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi," kata Hendri, Senin (6/9).

Karena sifatnya masih sebatas imbauan dan sosialisasi, lanjut Hendri, maka apabila ditemukan pengunjung yang tidak membawa kartu vaksin atau belum divaksin, maka masih diberikan toleransi. Artinya, mereka diberi imbauan harus menjalani vaksin agar bisa beraktivitas ke mall ataupun pasar.

"Tahap awal, aturan ini akan kami laksanakan di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan mall. Seperti di Pasar Ramayana (Muka), Toserba Yogya, dan Hypermart," jelasnya.

Pengecekan kartu vaksin juga akan dilakukan di tempat-tempat wisata. Sudah disiapkan titik pos cek poin di sejumlah objek wisata di kawasan Cipanas dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan. m"Insha Allah ada empat titik cek poin di Sevillage, Kebun Raya Cibodas, serta Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara," sebutnya.

Pengecekan juga menyangkut kapasitas tempat wisata yang masih tetap dibatasi untuk mencegah kerumunan. Seandainya kapasitas tempat wisata sudah sesuai ketentuan, maka bagi pengunjung yang datang akan diputar balik.

"Operasi yustisi masih terus kita lakukan dengan fokus prokes (protokol kesehatan), terutama penggunaan masker. Ditambah sekarang dengan kartu vaksin," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Sumut Bentuk Satgas Cegah Meluasnya Penularan PMK

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:53 WIB
GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rabu (29/6) menyatakan akan membentuk Satgas Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) karena penularan penyakit...
MI/Depi Gunawan

Waspadai Sesar Lembang, Desa Kayuambon Bentuk Relawan Tanggap Bencana

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:51 WIB
Sekretaris Desa Kayuambon Rohendi menyebutkan jarak dari zona sesar Lembang ke wilayahnya hanya sekitar 1 kilometer. Bila sesar itu...
ANTARA/Syaiful Arif

Temanggung Berangkatkan 140 Jemaah Calon Haji Hari Ini

👤Tosiani 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:45 WIB
Kabupaten Temanggung pada tahun ini memberangkatkan 280 orang JCH. Mereka terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 39 sebanyak 140 jemaah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya