Selasa 17 Agustus 2021, 19:25 WIB

Sebanyak 945 Warga Binaan di DIY Terima Remisi, 44 Langsung Bebas

Agus Utantoro | Nusantara
Sebanyak 945 Warga Binaan di DIY Terima Remisi, 44 Langsung Bebas

MI/Agus Utantoro

 

KEPALA Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Selasa (17/8) Gusti Ayu Putu Suwardani, menjelaskan sebanyak 945 warga binaan di berbagai Lembaga Pemasyarakatan di Daerah Istimewa Yogyakarta menerima remisi dalam rangka HUT ke-76 Republik Indonesia.

''Dari 945 penerima remisi itu, 44 orang menerima remisi umum II sehingga bisa langsung bebas,'' kata Gusti Ayu. Sedangkan selebihnya, ujarnya menerima remisi umum II dan masih harus menyelesaikan sisa pidananya.

''Remisi umum I berarti mereka ini dikurangi masa pemidanaannya, namun masih harus menyelesaikan sisa masa pidananya,'' katanya.

Remisi itu, ujarnya, diajukan untuk warga binaan atau narapidana yang telah memenuhi syarat antara lain telah menjalani hukuman sekurangnya 6 bulan, berperilaku baik dan mengikuti seluruh program pembinaan.

Sementara dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta atau Lapas Wirogunan, sebanyak 232 warga binaan menerima remisi peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia. Kepala Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, Selasa (17/8) menjelaskan, saat ini Lapas Wirogunan berisi 300-an warga binaan. Dari total penerima remisi, ujarnya, 223 orang, menerima remisi umum I atau dengan pengurangan masa pemidanaan dan 9 lainnya menerima remisi umum II atau langsung bebas.

Arimin menyebutkan, mereka yang menerima remisi ini, kebanyakan adalah yang dipidana karena kasus penganiayaan jalanan atau klithih dan disusul kasus perbuatan asusila.

Di Sleman, Bupati Kustini Sri Purnomo, menyerahkan remisi untuk warga binaan Lapas Narkotika Yogyakarta Kelas IIB dan Lapas Kelas IIB Sleman atau Lapas Cebongan. Tercatat 250 warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta dan 156 warga binaan Lapas Kelas IIB Sleman atau Lapas Cebongan yang menerima remisi pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan warga binaan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Aula Lantai III Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Cahyo Dewanto menjelaskan sebanyak 250 warga binaan yang mendapatkan remisi, 239 orang mendapat Remisi Umum, 4 orang langsung bebas dan 7 lainnya masih melanjutkan menjalani pidana penjara pengganti denda.

''Remisi ini diberikan kepada warga binaan yang memenuhi persyaratan secara administrasi dan substansi seperti berkelakuan baik,'' kata Cahyo.

Kepala Lapas Cebongan Kusnan menambahkan warga binaan di Lapas Kelas IIB Sleman atau Lapas Cebongan saat ini mencapai 276 dan yang diusulkan mendapatkan remisi 164 dan yang disetujui 156 orang.

Ia menjelaskan,  remisi umum I diberikan kepada 156 orang dan 9 orang remisi umum 2 yang berarti langsung bebas. ''Dari 9 orang ini, 6 orang menjalani asimilasi di rumah, 3 orang langsung bebas,'' ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan,  pemberian remisi tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan. ''Pemberianan remisi ini merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka mendukung pembangunan perekonomian nasional,'' ujarnya. (AU/OL-10)
 

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya