Kamis 22 Juli 2021, 20:22 WIB

Jemaah Sattariyah Sumbar Rayakan Iduladha Hari Ini

Yose Hendra | Nusantara
Jemaah Sattariyah Sumbar Rayakan Iduladha Hari Ini

DOK MI.
Jemaah Sattariyah.

 

JEMAAH Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman dan beberapa daerah lainnya di Sumatra Barat (Sumbar) merayakan Idul Adha 1442 Hijriah, Kamis (22/7).

Ulama Sattariyah Tuanku Ahmad Yusuf mengatakan Tarekat Syattariyah punya metode tersendiri dalam menentukan jatuhnya 10 Zulhijah. "Memang ada perbedaan cara hitung jatuhnya 10 Zulhijah dengan ketetapan dari pusat. Kami menghitungnya dari awal Muharram tahun ini," kata Ahmad Yusuf.

Ahmad menjelaskan sesuai pedoman ajarannya setiap bulan dan tahun itu memiliki hurufnya masing-masing sehingga jumlah dari kedua huruf tersebut menjadi penentu awalnya 1 Ramadan, 1 Syawal, dan 10 Zulhijah. Perbedaan ini, kata dia, tidak hanya kerap terjadi pada perayaan Iduladha tetapi juga saat penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. 

Ahmad mengatakan Hari Raya Kurban tahun ini cukup unik karena jaraknya dua hari lebih lama. "Memang ada perbedaan dengan pemerintah dan Muhammadiyah, tetapi setahu saya biasanya jaraknya hanya satu hari. Tentu ini tak jadi soal," ucapnya.

Menanggapi perbedaan tersebut, Ahmad Yusuf mengatakan agama Islam tidak memiliki peraturan yang baku dan terikat dalam penentuan hari raya. Menurut dia, perbedaan ini jangan menjadi celah untuk saling menghina, terutama antarsesama umat Islam.

Baca juga: Kekurangan Air Bersih, 10 Kapanewon di Gunungkidul Minta Bantuan

Tadi, setelah pelaksanaan salat Iduladha secara berjemaah, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban yang dilakukan di masjid atau musala masing-masing. Untuk kurban, mereka memperoleh lima sapi dan satu kambing dari Ikatan Perantau Kampung Koto Jakarta yang akan disembelih secara bersama-sama dengan hewan kurban lain. (OL-14)

Baca Juga

DOK DPW NasDem DIY

NasDem DIY Siagakan Empat Ambulan Bantu Pasien Covid-19

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:38 WIB
EMPAT unit ambulans dikerahkan DPW NasDem Yogyakarta untuk menjalankan misi kemanusiaan di masa pandemi...
MI/Wibowo Sangakala

Sidak Pertanian di Serang, Mentan Inspeksi Sawah dan Salurkan KUR

👤Wibowo Sangakala 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:27 WIB
SYL menegaskan di tengah kondisi covid-19 ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menggenjot penyerapan KUR agar semakin...
DOK MI

Tolak Divaksin Covid-19, Warga Kota Kupang Akan Disanksi

👤Palce Amalo 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:27 WIB
WALI Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jefri Riwu Kore, Selasa (27/7) mengeluarkan instruksi pelaksaan PPKM Level...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya