Kamis 22 Juli 2021, 11:20 WIB

Antisipasi Kelangkaan di RS Pemkab Ciamis Buka Posko Pengendalian Oksigen

Adi Kristiadi | Nusantara
Antisipasi Kelangkaan di RS Pemkab Ciamis Buka Posko Pengendalian Oksigen

MI/Adi Kristiadi
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membentuk posko pengendalian distribusi oksigen untuk memastikan ketersediannya di rumah sakit.

 

MENGANTISIPASI kurangnya ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di rumah sakit di Ciamis. Pemkab Ciamis membuka posko pengendalian ketersediaan pendistribusian oksigen.
 
"Kami setiap malam selalu memonitor ketersediaan oksigen di wilayah Kabupaten Ciamis. Karena, oksigen sudah sulit didapat, kami berupaya mencari di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Kota Tasikmalaya dan daerah lain untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Untuk itu kami membuka Posko Pengendalian Oksigen," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Kamis (22/7/2021).

Ia memastikan kebutuhan bagi pasien yang menjalani perawatan tidak akan kesulitan mendapat oksigen. Pihaknya terus mengupayakan berbagai cara mengadakan agar oksigen selalu tersedia.

"Dengan sulitnya oksigen ini kita tidak mau masyarakat yang dibawa ke RS sampai tidak bisa ditangani. Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan, agar semua kendaraan ambulan di setiap puskesmas dan RS di Ciamis untuk menyiapkan ventilator," ujarnya.

Menurutnya, untuk ketersediaan ventilator dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD sekarang masih terbatas. Upaya menanggulangi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan diintruksikannya agar segera menambahkan kebutuhan ventilator.

Terkait pelaksanaan PPKM darurat yang kini menjadi level 4 tetap dilaksanakan, Bupati Herdiat meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jangan lagi protes karena nyawa lebih penting dan jika abai menyusahkan banyak orang.

"Kami meminta masyarakat disiplin menerapkan prokes dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Karena, nyawa lebih penting. Bagi yang warga yang menjalani isolasi mandiri, Satgas tingkat kecamatan harus memperketat pengawasan, jangan sampai meninggal di rumah atau keluyuran," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Mulai Hari Ini Operasional KRL Jabodetabek Diubah-ubah

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

9 Fraksi Anggap Bupati Sikka Lecehkan DPRD

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:21 WIB
DPRD Sikka merasa dilecehkan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo karena Bupati tidak menindaklanjuti hasil rekomendasi DPRD soal bunga...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Level 4 di Kalsel Diperpanjang

👤Denny Susanto 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 06:31 WIB
Kota Banjarmasin, ibu kota provinsi Kalsel tersebut, menjadi penyumbang kasus terbanyak yaitu 12.663 kasus bersama Kota Banjarbaru sebanyak...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Kompol Andri Kurniawan, Reserse Peraih Sejumlah Penghargaan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:42 WIB
Bermodalkan ilmu yang ia dapat selama masa pendidikan, Andri lebih dominan bertugas di satuan reserse. Tak heran, selama berada di Polda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya