Kamis 01 Juli 2021, 09:05 WIB

Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi Meluncur Berurutan

Agus Utantoro | Nusantara
Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi Meluncur Berurutan

dok.Badan Geologi
Foto dari Pos pengamatan Gunung Merapi, DIY.

 

GUNUNG MERAPI (2968 mdpl), mengeluarkan awan panas dan lava pijar. Pos Pengamatan Gunung Merapi mencatat awan panas Gunung Merapi ini dari pukul 18.00 WIB hari Rabu (30/6) hingga pukul 06.00 WIB hari Kamis (1/7) terjadi sebanyak enam kali dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter dari puncak mengarah ke tenggara.

Tercatat pula pada Kamis (1/7) pukul 06.39 WIB terjadi awan panas guguran dengan amplitudo 22 milimeter dan durasi 125 detik dengan jarak luncur hingga 1.300 meter ke arah barat daya.

Sedangkan lava pijar, keluar sebanyak 11 kali dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter dari puncak juga mengarah ke tenggara dan barat daya.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merai, Heru Suparwaka menjelaskan, asap kawah juga teramati berwarna putih, dengan intensitas tipis hingga tebal setinggi 200 meter dari puncak kawah.

"Dari sisi kegempaan, instrumen mencatat kegempaan awan panas guguran sebanyak 7 kali dengan amplitudo maksimal 55 milimeter dan durasi terpanjang  144 detik, kegempaan guguran sebanyak 180 kali dengan amplitudo maksimal 35 milimeter dan duras terpanjang 128 detik," katanya.

Heru menyebutkan, kegempaan lainnya adalah hembusan sebanyak 15 kali, fase banyak atau hybrid 11 kali dan vulkanik dangkal dan tektonik jauh masing-masing 1 kali.

Ia menambahkan dengan aktivitas ini, masyarakat diminta tidak melalukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. (OL-13)

Baca Juga: Gelombang Panas Sebabkan 45 Orang Tewas di Oregon AS

Baca Juga

Antara

Kemenhub Tingkatkan Konektivitas di Kabupaten Asmat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 19:45 WIB
Peningkatan infrastruktur transportasi di Asmat dilakukan secara keseluruhan. Mengingat, ada Bandara Ewer hingga Pelabuhan Agats di...
MI/A Yakub

Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi Covid-19 di Gresik

👤Akhmad Yakub 🕔Minggu 26 September 2021, 19:07 WIB
VAKSINASI Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi vaksinasi ke-9 dari rangkaian program vaksinasi Jelajah...
ANTARA/Nyoman Budhiana

Wagub: Bali Siap Sambut Kedatangan Wisatawan Mancanegara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:30 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan daerah setempat sudah siap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya