Rabu 30 Juni 2021, 14:46 WIB

Kematian Meningkat RSU Dr Soetomo Buka Relawan Pemulasaraan Jenazah

Faishol Taselan | Nusantara
Kematian Meningkat RSU Dr Soetomo Buka Relawan Pemulasaraan Jenazah

Ilustrasi
Jenazah

 

MENINGKATNYA jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia, RSU Dr Soetomo Surabaya terpaksa membuka relawan pemulasaraan jenazah.

‘’Petugas di rumah sakit sangat terbatas, sehingga kami memerlukan relawan yang bisa membantu dalam pemulasaan jenazah,’’kata Dirut RSU Dr Soetomo Jony Wahyuhadi di Surabaya, Rabu (30/6).

Selama ini, RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga melayani pemulasaraan jenazah yang berasal dari kiriman Dinas Sosial dan Puskesmas di Surabaya dan sekitarnya.
Menurutnya, data mulai bulan Januari sampai 28 Juni 2021 mencatat, RSUD dr. Soetomo telah menerima sebayak 93 jenazah. Jumlah terbanyak ada di pekan terakhir bulan Juni 2021 dengan rata-rata 5 jenazah per hari.

Peningkatan ini berdampak pula pada penambahan pemulasaraan jenazah pada pekan terakhir bulan Juni 2021, dengan rata-rata 15-20 jenazah per hari.

Baca juga : Pelaku Usaha Pelanggar PPKM di Kota Cirebon Umumnya Tak Berizin

‘’Hal ini tentu memakan waktu yang lama dalam penyelesaian pemulasaraan yang rata-rata tiap jenazah memerlukan waktu 1,5-2 jam,’’ katanya.

Dalam upaya memberikan pelayanan jenazah yang layak, dibutuhkan peran dari pemulasara dan transporter jenazah.

‘’RSUD Dr. Soetomo membuka lowongan relawan transporter dan pemulasara jenazah sebanyak 15 orang,’’ ujarnya.

Dikatakan, para akan diberikan pelatihan dasar pemulasaraan dan transport jenazah penyakit menular, hingga aman bagi yang bersangkutan dan orang di sekitarnya.

Selain itu untuk memberikan pelayanan yang manusiawi dan mempercepat layanan, RSUD Dr. Soetomo membuat Depo Jenazah untuk pasien Covid-19.

‘’Jenazah pasien Covid-19 ditempatkan dalam satu ruangan di Bagian Forensik, diidentifikasi, dan dilakukan pemulasaraan. Jenazah juga akan disholatkan dengan urutan berdasarkan pada waktu kematian,’’ katanya.(OL-2)

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya