Selasa 15 Juni 2021, 22:48 WIB

Polisi Banjarmasin Gagalkan Penyelundupan Sabu lewat Sungai

Denny Susanto | Nusantara
Polisi Banjarmasin Gagalkan Penyelundupan Sabu lewat Sungai

Antara/Bayu Pratama S.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Rachmat Hendrawan menunjukkan barang bukti saat rilis ungkap perkara tindak pidana narkotika.

 

POLRESTA Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 135 kilogram asal Malaysia yang dipasok melalui jalur sungai. Sabu diselundupkan dalam karung beras.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Rachmat Hendrawan, Selasa (15/6), menjelaskan upaya penyelundupan sabu dengan jumlah besar ini diduga merupakan jaringan narkoba dari Malaysia. "Narkoba ini masuk lewat Kaltim menuju Kalsel dan Kalteng. Ini merupakan ketiga kali mereka memasok," tuturnya.

Tiga kurir sabu yang diduga anggota jaringan internasional berhasil diringkus petugas. Mereka ialah Ahmad Aris Munandar, 34, Eggy Sanjaya, 43, dan Bunna Ali Hanafi, 34. Dua nama terakhir merupakan warga Kaltim.

Selain sabu polisi juga menyita dua ponsel, satu mobil Terrano nomor polisi DA 1831 TEB, satu sepeda motor Yamaha Mio nomor polisi DA 6223 WJ, serta 45 karung beras yang dijadikan media menyelundupkan sabu ke Kalsel. Jumlah sabu yang berhasil disita petugas seberat 135,02 kg terbagi dalam 130 paket.

Untuk mengelabui petugas, penyelundupan sabu dari Kalteng dilakukan lewat jalur Sungai Martapura menggunakan perahu motor. Sabu dimasukkan dalam karung berisi beras dengan tujuan Kota Banjarmasin. Beberapa waktu lalu polisi juga berhasil menggagalkan upaya peredaran 50 kg dan 100 kg sabu asal Malaysia.

 

Pada bagian lain Sat Narkoba Polresta Banjarmasin juga menangkap pengedar ganja seberat 528,67 gram bernama Muhammad Yuliansyah. Dari keterangan tersangka, ganja akan diedarkan di kalangan mahasiswa di Kota Banjarbaru. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO-Humas Polres Bintan

Polres Bintan Amankan Pemilik 2 Kilogram Sabu dan Pil Ekstasi di NTB

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 03:50 WIB
Kapolres Bintan AKBP Sugihartono mengatakan pelaku diamankan setelah pihaknya berkoordinasi dan bekerja sama dengan Ditpolair Polda NTB...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/

Pelaku Usaha Tidak Setuju Syarat Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:35 WIB
Di pusat perbelanjaan itu sangat ketat penerapan protokol kesehatan dibandingkan dengan pasar tradisional dan pusat kerumunan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Organisasi Masyarakat Soroti Capaian Vaksinasi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:20 WIB
Sejumlah persoalan masih jadi kendala vaksinasi di Jawa Barat, sehingga mengakibatkan capaian vaksinasi masih...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya