Selasa 15 Juni 2021, 18:25 WIB

Usut Kasus Tambang, Kejati Geledah Kantor Dinas ESDM Sulawesi Tenggara

Abdul Halim | Nusantara
Usut Kasus Tambang, Kejati Geledah Kantor Dinas ESDM Sulawesi Tenggara

ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
Aktivitas tambang nikel di Sulawesi Selatan

 

KEJAKSAAN Tinggi melakukan penggeledahan di kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulawesi Tenggara, Senin (14/6) petang. Tim penyidik dipimpin Asisten Pidana Khusus Setyawan.

Penggeledahan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi tambang yang diperhitungkan merugikan negara hingga Rp190 miliar. Penggeladahan berlangsung lancar.

Seusai menggeledah, tim menyegel semua pintu ruangan di kantor tersebut. Dari kantor itu, tim membawa tumpukan dokumen untuk dipelajari dan dijadikan barang bukti.


Setyawan mengungkapkan sebelum melakukan penggeladahan, pihaknya telah memeriksa Kepala Bidang Minerba Yusmin. Statusnya masih sebagai saksi.

Sementara Kepala Seksi Penerangan, Humas dan Hukum Kejati Sulawesi Tenggara Dody menambahkan penggeledahan itu dilakukan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi tambang yang dilakukan oleh PT  Toshida.

Pada 2010 PT Toshida telah mendapatkan  izin pertambangan. Namun, dari tahun itu hingga 2020, perusahaan itu tidak pernah membayar kewajiban kepada negara, hingga kerugian negara diperhitungkan mencapai Rp190 miliar.

Pada Desember 2020,  izin peminjaman kawasan hutan oleh PT Toshida telah dicabut pemerintah pusat. Tapi, mereka masih membandel dan terus melakukan penambangan.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengumumkan nama tersangkanya," tandas Dody. (N-2)

 

 

Baca Juga

MI/Benny Bastiandy

BIN Gelar Vaksinasi Massal di Cianjur dan Bagikan Ribuan Bansos di 7 Provinsi

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:13 WIB
KEPALA BIN Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau vaksinasi pelajar di Yayasan Madrasah Tanwiriyyah, vaksinasi secara door to door di...
Antara

Pemkab Tasikmalaya Segera Bayar Insentif untuk Nakes

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:30 WIB
Sebelumnya, para nakes yang menangani pasien covid-19 mempertanyakan keterlambatan pembayaran insentif hingga beberapa bulan...
Antara

Polisi Buka Penyekatan di 27 Exit Tol Jawa Tengah

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:15 WIB
Namun, Polda Jawa Tengah meminta masyarakat tetap mengurangi mobilitas. Sebab, masih ada penyekatan jalan di sejumlah wilayah Jawa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya