Jumat 04 Juni 2021, 15:01 WIB

Anggota DPR RI NasDem: Baru 20% Usaha Kecil Dapat Layanan Keuangan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Anggota DPR RI NasDem: Baru 20% Usaha Kecil Dapat Layanan Keuangan

MI/Rendy Ferdiansyah
Anggota DPR RI asal NasDem siap bantu jutaan usaha kecil indonesia.

 

ANGGOTA Komisi VI DPR RI dari Partai NasDem asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) Zuristyo Firmadata menyebutkan dari 57 juta usaha ultra Mikro dan UMKM baru 20% yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal.

Hal tersebut disampaikannya dalam sosialisasi Sinergi Ekosistem Ultra Mikro ke pedagang Pasar Tradisional dan Mahasiswa di Hotel Bangka City Pangkalpinang. Provinsi Bangka Belitung (Babel), Jumat (4/6).

Ia mengatakan sosialisasi yang diprakarsai Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) ini untuk memperluas akses layanan keuangan bagi pelaku usaha kecil. "Sosialisasi dari ISMEI ini, selain melibatkan Komisi VI DPR RI, juga didukung BRI, Pegadaian,dan Permodalan Nasional Madani (PNM), sinergi ini, diharapkan akan terbentuk pada semester II tahun ini," kata 
Zuristyo.

Untuk itu, pihaknya sangat mendukung program tersebut, untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada pelaku usaha kecil termaksuk pedagang pasar. Dia pun berharap program ini dapat meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masarakat pra sejahtera.

"Ada 57 juta pengusaha ultra mikro di indonesia, baru 20% yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal, 80 persen dari segmen ultra mikro ini padahal petani, pedagang tradisional, pemilih toko, dan pekerja lepas," ujarnya.

Ia menegaskan pelaku ultra mikro dan UMKM ini merupakan tulang punggung dan kunci pemulihan ekonomi nasional, sehingga harus diselamatkan dan tekanan dampak pandemi. "Kita harapkan pelaku usaha ultra mikro dan UMKM tidak mendapatkan pendanaan dari rentenir atau pinjaman online, makanya kita harapkan institusi keuangan formal dapat memberikan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah," ungkap dia. 

Sementara, Ketua ISMEI Pusat Wahyu mengatakan, kegiatan sosialisasi yang didukung Komisi VI DPR, Pegadaian, BRI dan PNM ini sangat penting demi  membantu pelaku usaha kecil. "Tujuannya, kita ingin pelaku usaha ini, mendapatkan perhatian dari institusi keuangan formal, dengan begitu, pelaku usaha kecil dapat membantu pemerintah memulihkan perekonomian secara nasional," kata wahyu. (RF/OL-10)

Baca Juga

Ist

Jangkau Pelanggan lebih Dekat, Bolde Buka Store di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:50 WIB
Pembukaan Bolde Store Yogya bertujuan untuk menjangkau konsumen di area Yogyakarta dan...
MI/Ruta Suryana

ISI Denpasar Bangun Monumen 'Wall of Fame'

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:12 WIB
Bagi Prof Kun Adnyana, masyarakat penyangga yang terdiri dari berbagai kalangan bereputasi tersebut telah banyak berkontribusi luar...
Medcom.id

Penambangan Ilegal, Polisi Tangkap Direktur PT Saraba Kawa

👤Lukman Diah Sari 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:40 WIB
Polres Tanah Bumbu menemukan PT Saraba Kawa melakukan Penambangan Ilegal di Desa Mangkal Api, Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupatan, Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya