Sabtu 29 Mei 2021, 16:35 WIB

Separuh Pegawai USU Diinstruksikan Bekerja dari Rumah

Yoseph Pencawan | Nusantara
Separuh Pegawai USU Diinstruksikan Bekerja dari Rumah

MI/Yoseph Pencawan.
Rektor USU Muryanto Amin.

 

REKTOR Universitas Sumatra Utara Muyanto Amin menerapkan pembatasan kegiatan bagi para manajemen dan pegawai mulai 2 Juni 2021 menyusul beberapa pegawai terkonfirmasi tertular Covid-19. Rektor telah menerbitkan surat edaran yang mengatur tentang pembatasan kegiatan dan upaya pencegahan peningkatan dan penyebaran covid-19 di lingkungan USU.

"Surat edaran itu keluar setelah ada beberapa pegawai yang terkena covid-19," ungkap Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5). Rektor Muryanto Amin, lanjut dia, menilai perlu melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan penularan virus lebih ketat lagi.

Dalam SE bernomor 6015/UN5.1.R/SDM/2021 yang diterbitkan pada 28 Mei 2021 itu Rektor menyampaikan empat hal. Pertama, dirinya memberlakukan pembatasan kegiatan pada lingkungan USU selama 28 hari atau mulai 2-30 Juni 2021.

Kemudian Mury mewajibkan seluruh pimpinan satuan kerja di lingkungan USU menerapkan sistem work from home (WFH) dan work from office (WFO) yakni dengan ketentuan maksimal 50% dari jumlah pegawai yang boleh melakukan WFO pada setiap ruangan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan lebih ketat. Ketiga, bagi pegawai yang melakukan WFH tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab dari rumah lalu menjaga koordinasi tugas yang rapi dengan satuan kerja serta mengisi daftar kehadiran secara online.

Pada poin terakhir, Rektor Mury menyatakan langkah-langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen USU dalam melindungi keselamatan dan kesehatan sivitas akademika. Langkah-langkah ini juga diambil sebagai bentuk kepedulian USU dalam upaya pencegahan penularan covid-19.

 

Sebelum menguraikan keempat poin di atas, dalam SE tersebut Rektor mengungkapkan bahwa penularan covid-19 sudah semakin mengkhawatirkan. Dia memastikan kebijakan pembatasan kegiatan ini sudah sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni SE Menpan-RB Nomor 67/2020 tanggal 4 September 2020 tentang Perubahan Atas SE Menpan-RB Nomor 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Di HUT RI Ke-77, Srikandi Jatim Tancapkan Merah Putih di Dasar Laut Gili Ketapang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:56 WIB
RELAWAN Srikandi Ganjar Jawa Timur punya cara unik dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik...
Dok pribadi

UMKM Nahdliyin Siap Bangkit dan Bertumbuh

👤Media Indonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:55 WIB
KRISIS ekonomi global akibat pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan bisnis domistik mengalami keruntuhan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Brigjen TNI Achmad Fauzi Kunjungi 15 Veteran Pejuang Kemerdekaan di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:35 WIB
Direktur Pengkajian dan Pengembangan Seskoad itu mengajak seluruh bangsa tidak melupakan jasa para pahlawan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya