Senin 10 Mei 2021, 20:00 WIB

Pemkot Kota Padang Resmi Larang Salat Ied di Lapangan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkot Kota Padang Resmi Larang Salat Ied di Lapangan

MI/Yose Hendra.
Ilustrasi.

 

Pemerintah Kota Padang secara resmi mengeluarkan kebijakan pelarangan salat Idul Fitri 1422 Hijriah di lapangan dan rumah ibadah dengan pertimbangan tingginya angka penyebaran COVID-19.

Baca juga : Rekonsiliasi di Papua Mendesak

"Pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah cukup di rumah saja ini mempertimbangkan Padang masih berada di zona oranye penyebaran COVID-19 serta masih tingginya angka terkonfirmasi positif," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Senin usai rapat terbatas dengan unsur Forkopimda Kota Padang, Senin (10/5).

Menurut dia dengan berat hati pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H tidak dapat dilaksanakan di masjid, musala maupun di lapangan terbuka.

Keputusan bersama unsur Forkopimda ini diambil seiring dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat yang menyatakan daerah yang berada di zona oranye serta zona merah penyebaran COVID-19 meniadakan salat Idul Fitri di masjid, musala, maupun lapangan terbuka.

"Sesuai SE Gubernur Sumbar, bahwa untuk daerah yang masih berada di zona orange dan merah, segala kegiatan seperti shalat Id, baik di lapangan, masjid, dan mushalla, ditiadakan," kata dia.

Selain meniadakan pelaksanaan salat Id di rumah ibadah dan lapangan, Pemko Padang juga mengimbau kepada siapa saja untuk meniadakan pelaksanaan open house atau halal bi halal serta menutup seluruh objek wisata di Padang.

"Objek wisata tidak dibolehkan buka pada lebaran dan libur Lebaran kali ini," kata dia.

Ia menyampaikan pada Mei ini memang terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Padang.

Hanya dalam rentang waktu sembilan hari, terhitung sejak 1-9 Mei, jumlah warga Padang terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 734 orang. Jauh berbeda di awal Januari hingga April lalu.

"Dikhawatirkan angka ini akan naik jika situasi lebaran Idul Fitri yang cukup panjang ini tidak dikendalikan," katanya.

Imbauan kepada masyarakat untuk salat Idul Fitri di rumah saja akan terus dimasifkan kepada warga. Seluruh camat dan lurah diharapkan untuk dapat memberitahukan kepada seluruh warga melalui pengeras suara di rumah ibadah.

Imbauan untuk shalat Id di rumah saja juga disampaikan melalui media massa, serta melalui Mobil Info Kota (MIK) milik Dinas Kominfo Kota Padang. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/SURYA SRIYANTI

Aparat Gandeng Pengelola Kuliner di Palangka Raya Lakukan Mitigasi Covid-19

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 23 Juni 2021, 13:15 WIB
Sejumlah kegiatan yang dilakukan  mulai dari sosialisasi hingga penegakkan protokol kesehatan (prokes) bersama Satgas...
dok.PT Timah tbk.

IUP Digarap Penambang Ilegal, PT.Timah Merugi Rp8 Miliar/bulan

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:35 WIB
PT. Timah Tbk mengaku, aktivitas penambangan ilegal wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) miliknya di Desa Air Inas Keposang Bangka...
MI/Ramdani

Akibat Pandemi, Pengusaha Travel di Temanggung Jual Aset

👤Tosiani 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:11 WIB
Abeng, salah seorang pengusaha travel, mengatakan terpaksa menjual lima unit kendaraan yang merupakan aset perusahaan. Hal itu ia lakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya