Jumat 07 Mei 2021, 08:19 WIB

Dinas PUPR Kalteng Dirikan 22 Posko Untuk Antisipasi Jalan Rusak

Surya Sriyanti | Nusantara
 Dinas PUPR Kalteng Dirikan 22 Posko Untuk Antisipasi Jalan Rusak

Dok Dinas PUPR Kalimantan Tengah
Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahuddin (tengah) dan para anggota Tim Posko

 

DINAS Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalteng mendirikan sejumlah posko sebagai bentuk kesiagaan dalam mengantisipasi jalan rusak menjelang lebaran dan memasuki musim penghujan mendatang.

"Hampir semua ruas jalan provinsi yang strategis di buat posko, jumlahnya ada 22 titik. Di sana ditempatkan 22 PPTK, dengan koordinator di lapangan kepala seksi," kata Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahuddin, Jumat (7/5).

Puluhan posko ini kata dia tersebar di seluruh wilayah Kalteng. Intinya posko ini  dapat membantu apabila adanya kendala mengenai distribusi  logistik dan orang sakit yang dapat memerlukan bantuan ditengah situasi banjir dan lainnya.

"Gubernur Kalteng  Sugianto Sabran juga  meminta PUPR Kalteng  melakukan langkah antisipasi  dalam upaya memantau kondisi jalan, situasi banjir di ruas jalan dan lainnya,"ujar Shalahuddin.

Pendirian posko untuk mengantisipasi potensi kerusakan jalan yang luar biasa, amblas, longsor dan banjir, yang dapat mengganggu aktifitas masyarakat terutama turut membantu dalam angkutan logistik dan orang sakit .

Nantinya tim tersebut selain melakukan piket di posko, juga menyiapkan alat berat apabila diperlukan cepat membantu dan menangani potensi adanya gangguan atau becana yang mengakibatkan adanya penanganan di jalan.

"Contoh seperti tahun lalu, adanya jalan penyambung jembatan yang rusak, dapat segera dalam waktu 6-12 jam sudah dapat ditangani secara bertahap," katanya.

Menyinggung  mengenai Jalan Nasional, Shalahuddin mengatakan, mereka tetap siaga, namun juga melakukan koordinasi dengan pihak balai yang juga bersama sama siaga dengan membuat posko Jalan Nasional di wilayah masing masing.

"Tentu kami koordinasi dengan pihak balai. Karena ada jalan nasional yang berpotensi rawan banjir, longsor dan lainya," katanya.

baca juga: Kalteng

Untuk diketahui, adapun beberapa ruas jalur yang diantisipasi dengan potensi titik rawan banjir dan longsor, yakni jalur jalan Pangkalanbun-Kolam, jalur Sampit-Asam Baru, jalur Kasongan-Sampit. Kemudian jalur Bukit Rawi, jalur Kuala Kurun-Simpang Muara Laung, jalur menuju Barito arah Muara Teweh, sampai kemudian ke Benangin dan batas Kaltim.

 

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 di Kudus Mulai Mereda

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:00 WIB
BADAI covid-19 Kabupaten Kudus mulai mereda, meskipun masih ada pasien baru terkonfirmasi korona dan warga terpapar varian Delta India...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kalteng Hentikan Covid-19 Lewat Vaksinasi Menyeluruh

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:56 WIB
Percepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target herd imunnity masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus...
MI/Reza Sunarya

Tekan Penyebaran Covid, Kota Denpasar Adakan Tes Antigen di Area Publik

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Denpasar menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan swab antigen di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya