Jumat 07 Mei 2021, 08:11 WIB

SBS Libatkan UMKM Bagi Sembako Untuk Kaum Duafa

Widjajadi | Nusantara
SBS Libatkan UMKM Bagi Sembako Untuk Kaum Duafa

Mi/Widjajadi
Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menerima secara simbolis paket sembako dari SBS untuk kaum duafa di Kota Surakarta, Kamis (6/5/2021)

 

ORGANISASI sosial dan kemanusiaan, Solo Bersama Selamanya (SBS) kembali berbagi kasih kepada kaum duafa di Kota Solo jelang lebaran. Setelah sempat absen tahun lalu, tahun ini SBS membagikan 8500 paket sembako.

"Wabah Covid-19 tahun lalu SBS sempat absen, karena semua terdampak hebat. Tahun ini meski pandemi masih berlangsung, situasinya agak beda, dan SBS bisa bergerak bergotong royong  mewujudkab 8500 paket semabko," kata koordinator SBS, Gareng Haryanto saat penyerahkan paket sembako duafa, yang secara simbolis diterimakan lewat Walikota Gibran Rakabuming Raka di rumdin walikota Loji Gandrung, Kamis (6/5).

Menurut dia, paket sembako untuk membantu kaum duafa dalam mempersiapkan kebutuhan lebaran, isinya dibeli dari pelaku UMKM. Ini dilakukan dalam upaya kebangkitan ekonomi di masa pandemi.

"Penerima manfaat dapat sembako, dan UMKM di Solo dapat berdaya untuk kebangkitan ekonomi di pandemi ini. Satu paket senilai Rp 100 ribu," ungkap aktivis kemanusiaan yang juga Ketua Kadin Solo itu.

Pengurus elite SBS Sumartono Hadinoto turut menjelaskan, agenda sosial organisasi itu digelar setiap menjelang lebaran. "Karena tujuannya adalah meringankan beban warga miskin dalam menyiapkan kebutuhan lebaran," katanya.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka gotong royong kemanusiaan mewujutkan sembako, berjalan tidak sebagaimana masa normal. "Ya karena semua pengusaha juga terdampak," ujar aktivis kemanusiaan dari unsur PMI ini.

baca juga: Pernik Ramadan

Meski secara volume, sembako kemanusiaan beda dengan kegiatan sebelum muncul pandemi,namun target tetap terlampoi. Dari target 6000 paket sembako untuk jelang lebaran  ini dapat direalisasi 8500 paket. Terpaut lumayan banyak dengan kegiatan yang sama pada 2019, mampu membagikan 12 ribu paket sembako.

"Ya berapa pun yang bisa diwujudkan oleh SBS, patut disyukuri,karena kegiatan sosial sudah berjalan kembali," tukas Sunartono.

Ribuan sembako akan didistribusikan ke warga duafa di 54 kelurahan dalam lingkungan 628 RW, dengan penerapan prokes covid-19. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka sangat mengapresiasi cara SBS dalam menggelar kegiatan sosial yang langsung melibatkan UMKM. "Ini cara bagus sekali, UMKM bergairah di tengah pandemi, dan penerima manfaat dapat sembako dibutuhkan," tandas Gibran. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 di Kudus Mulai Mereda

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:00 WIB
BADAI covid-19 Kabupaten Kudus mulai mereda, meskipun masih ada pasien baru terkonfirmasi korona dan warga terpapar varian Delta India...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kalteng Hentikan Covid-19 Lewat Vaksinasi Menyeluruh

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:56 WIB
Percepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target herd imunnity masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus...
MI/Reza Sunarya

Tekan Penyebaran Covid, Kota Denpasar Adakan Tes Antigen di Area Publik

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Denpasar menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan swab antigen di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya