Kamis 06 Mei 2021, 20:10 WIB

Kendalikan Mudik, Bandara El Tari Hanya Beroperasi 6 Jam

Palce Amalo | Nusantara
Kendalikan Mudik, Bandara El Tari Hanya Beroperasi 6 Jam

Antara
Hari pertama larangan bepergian keluar daerah/mudik di Bandara EL Tari masih dipadati oleh pemudik yang ingin keluar NTT, Kamis (6/5)

 

BANDARA El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur mendukung peniadaan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah dengan membatasi jam operasional bandara.

Jam operasional bandara dibatasi hanya enam jam per hari yakni mulai pukul 06.00-12.00 Wita atau hanya enam jam, dari sebelumnya 10 jam. Untuk mengawasi peniadaan mudik tersebut, pihak bandara membangun posko untuk mengawal larangan mudik idul fitri mulai Kamis (6/5).

General Manager Bandara El Tari Kupang Iwan Novi Hantoro mengatakan posko beroperasi hingga 17 Mei 2021. "Dulu bangun posko untuk
memperlancar arus mudik, sekarang kita mengawal implementasi edaran satgas covid-19 dan surat edaran menteri perhubungan dengan cara melakukan pengawasan apakah sesui dengan persyaratan yang ditetapkan dalam aturan tersebut atau tidak," katanya kepada wartawan di Bandara El Tari Kupang.

Menurutnya, petugas di posko akan mencegah pelaku perjalanan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat yang dipersyaratkan dalam surat edaran tersebut.

Warga yang diperbolehkan melakukan perjalanan yakni keperluan perjalanan dinas atau bekerja, kunjungan keluarga sakit,
kunjungan duka keluarga meninggal, Ibu hamil yang di dampingi oleh satu orang anggota keluarga, dan kepentingan melahirkan atau bersalin yang didampingi dua anggota keluarga.

Apabila ada pelaku perjalanan yang kedapatan tidak dapat menunjukan dokumen persyaratan, dengan terpaksa pelaku perjalanan itu tidak dapat melakukan perjalanan.

"Petugas hanya bertugas mempersiapkan kelengkapan fasilitas, pusat informasi serta memonitoring data statistik, untuk posko kali ini
personel posko pun diwajibkan untuk melaksanakan monitoring pelaksanaan validasi dokumen pelaku perjalanan,� ujar Iwan Novi Hantoro.

Menurutnya, dua maskapai telah memberhentikan sementara penerbangan ke bandara El Tari Kupang terkait peniadaan mudik lebaran tersebut yakni Lion Air dan Citilink. "Untuk maskapai Garuda Indonesia ada beberapa yang tidak beroperasi, tetapi masih ada yang masih operasi, sedangkan penerbangan kargo masih tetap beroperasi," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Sudah 4 Bulan Serapan APBD Kota Malang Kok Baru 17,48%

 

Baca Juga

MI/Alexander P. Taum

Bendungan Waikomo Alami Sedimentasi

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 25 Juni 2021, 04:05 WIB
BENDUNGAN Waikomo, yang terletak di Kelurahan Lewoleba Barat, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur kini mengalami...
dok.mi

Dinkes Padang Minta Tes Antigen Liar Ditertibkan

👤Yose Hendra 🕔Jumat 25 Juni 2021, 02:00 WIB
Dikhawatirkan karena tidak memenuhi persyaratan, maka hasil dari tes cepat tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan (tidak...
DOK MI

Satgas Covid Jatim Tambah Satu Gedung Untuk Isolasi Mandiri

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 25 Juni 2021, 01:13 WIB
SATGAS Covid-19 Jawa Timur membuka satu lagi gedung di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, untuk tempat isolasi bagi warga yang terpapar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya