Rabu 05 Mei 2021, 00:20 WIB

Dua Kereta Api Purwokerto Beroperasi bukan untuk Angkut Pemudik

Lilik Darmawan | Nusantara
Dua Kereta Api Purwokerto Beroperasi bukan untuk Angkut Pemudik

MI/Adi Kristiadi.
Pemudik pulang kampung lebih awal.

 

PT KAI mengoperasikan dua kereta api (KA) bukan untuk mengangkut pemudik, melainkan hanya melayani perjalanan mendesak dan kepentingan nonmudik. Keduanya ialah KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP dan KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi mengatakan bahwa operasional KA pada periode 6-17 Mei, hanya dikhususkan untuk perjalanan yang mendesak. "Perjalanan KA jarak jauh bukan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran. Kami mematuhi aturan dan kebijakan dari pemerintah bahwa mudik tetap dilarang," ┬Łkatanya pada Selasa (4/5).

Dijelaskan oleh Ayep, masyarakat yang diperbolehkan menggunakan jasa KA ialah pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan nonmudik yakni bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu anggota keluarga, dan kepentingan nonmudik tertentu lain yang dilengkapi surat keterangan dari kades atau lurah setempat. "Untuk ASN, kepolisian, TNI, dan lainnya, persyaratannya yaitu print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik pejabat di atasnya serta identitas diri calon pelaku perjalanan," ┬Łjelasnya.

Adapun bagi pegawai swasta, wajib melampirkan print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik dari pimpinan perusahaan. Sedangkan bagi pekerja sektor informal dan masyarakat umum nonpekerja, wajib melampirkan print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik dari kepala desa atau lurah.

"Surat izin perjalanan tertulis bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan nonmudik berlaku secara individual, untuk sekali perjalanan pergi-pulang, serta bersifat wajib bagi pelaku perjalanan yang berusia 17 tahun ke atas," ujarnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Harga Pangan di Surakarta Stabil, Warga Tidak Perlu Panik

👤Widjajadi 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:12 WIB
Sepekan menjelang lebaran, harga harga kebutuhan pokok di pasar utama Kota Solo tidak ada kenaikan berarti, kecuali daging ayam yang...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Polda DIY Waspadai Penyalahgunaan Mobil Ambulans Untuk Mudik

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:30 WIB
Petugas yang berada di pos penyekatan baik yang ada di jalur-jalur  utama masuk DIY maupun jalur alternatif, diminta mewaspadai...
Humas Polda Kalteng

Kalteng Dirikan 4 Posko Penyekat Antarprovinsi

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:23 WIB
Polda Kalteng telah mendirikan empat Posko  Penyekatan antar provinsi yang berada di Kabupaten Kapuas, Barito Timur, Lamandau dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya