Rabu 21 April 2021, 19:01 WIB

Pemkab Malang Libatkan RT/RW Sosialisasikan Larangan Mudik

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkab Malang Libatkan RT/RW Sosialisasikan Larangan Mudik

ANTARA/M Risyal Hidayat
Pemkab Malang terus sosialisasikan larangan mudik Lebaran 2021.

 

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, melibatkan pengrus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dalam sosialisasi larangan mudik Lebaran 2021. Papan imbauan larangan mudik dipasang di setiap pintu masuk gang dan perumahan.

Bupati Malang Muhammad Sanusi, Rabu (21/4) mengatakan seluruh kepala dusun di wilayah masing-masing terus berkoordinasi dengan perangkat kampung untuk memberikan penjelasan kepada warga terkait larangan mudik. Selain itu, pendataan dan pengawasan terhadap warga diperkuat dan diperketat di masing-masing RT/RW.

"Seluruh pengurus RT diminta mengawasi lingkungan dan warganya sehingga cepat mengantisipasi bila ada warga luar deerah yang memasuki lingkungan mereka. Berbagai upaya itu menyatu dalam program 300 kampung tangguh," jelasnya.

Selain itu, Pemkab Malang juga makin mengetatkan dan melakukan penyekatan mengantisipasi warga yang masuk nekat mudik. "Hal ini dilakukan karena kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi yang utama dan sekarang masih masa pandemi covid-19," tegas Sanusi.

Saat ini petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Malang mulai menyiapkan posko dan menambah personel guna menghadapi operasi larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Nantinya, penyekatan mulai pintu ke luar tol Singosari, Lawang dan Pakis.

Penyekatan serupa di perbatasan Kabupaten Malang dengan Lumajang, Pasuruan, Jombang, Blitar. Penyekatan disertai tindakan lebih tegas  dibanding tahun lalu yang hanya berupa check poin. "Tilang dan sanksi lainnya diterapkan bagi pelanggar larangan mudik," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya