Minggu 01 Januari 2023, 19:13 WIB

Pemkot Dan Pemkab Malang Akhiri Konflik Sumber Air

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Dan Pemkab Malang Akhiri Konflik Sumber Air

MI/Bagus Suryo
Pemkot dan Pemkab Malang menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pengelolaan dan pemanfaatan sumber air Sumberpitu dan Wendit.

 

PEMERINTAH daerah di Malang, Jawa Timur, menyongsong tahun 2023 dengan mengakhiri konflik sumber daya air yang berkepanjangan. Hal itu ditandai setelah Pemkot Malang dan Pemkab Malang berdamai dengan menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pengelolaan dan pemanfaatan sumber air di Sumberpitu dan Wendit.

PKS antara Wali Kota Malang Sutiaji dan Bupati Malang Mochamad Sanusi  disaksikan Tim Korsupga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Solo, Jawa  Tengah, Jumat (30/12). Jajaran terkait kedua pemda juga turut menyaksikan. "Ini akan menjadi starting point kita," tegas Sutiaji kepada Sanusi.

Menurut Sutiaji, PKS bukanlah akhir, melainkan awal karena kedepan akan banyak hal yang dikerjasamakan demi kebaikan Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

"Kalau niat baik sudah hadir Insya Allah dimudahkan ke depannya," ucap Sutiaji sembari menyatakan bersyukur bahwa pertemuan ini bakal memberikan manfaat bagi semua pihak.

Kesepakatan Pemkab dan Pemkot Malang itu mengatur mekanisme pengelolaan dan pemanfaatan sumber air di Sumberpitu dan Sumber Wendit. Termasuk di dalamnya mengatur beban pengusahaan dari sumber air yang dimanfaatkan, tarif kompensasi dan kewajiban kedua belah pihak.

Dalam PKS yang berlaku 5 tahun ini mengatur penyesuaian nilai kontribusi pengusahaan sumber Wendit dan Sumberpitu. Selain itu juga mengatur pajak air permukaan, biaya jasa pengelolaan, perawatan, depresiasi, pengusahaan tanah dan klorinasi. Kesepakatan ini sekaligus mengakhiri alotnya pembahasan selama beberapa  tahun terakhir.

"Seperti yang tadi disampaikan Pak Sanusi (Bupati Malang), hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Ini kita bangun bersama-sama. Tujuannya bagaimana kita memartabatkan bangsa kita dan keadilan sosial bukan hanya cita dan asa, tapi nyata," pungkasnya. (OL-15)
 

Baca Juga

DOK MI

Anggaran Kebencanaan Di Kota Sukabumi Masih Minim

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:49 WIB
ALOKASI anggaran kebencanaan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, relatif masih cukup...
ANTARA

Cuaca Ekstrem Ancam Sejumlah Daerah di Jateng Selatan Dalam Tiga Hari Mendatang

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:42 WIB
CUACA ekstrem masih mengancam sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan hingga tiga hari...
dok.ist

Usbat Ganjar Sumut Gelar Doa Bersama Untuk Korban Gempa Turki

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:41 WIB
SUKARELAWAN Usbat Ganjar Sumut menggelar doa bersama dan istighosah serta shalat ghaib untuk korban gempa bumi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya